Kaba Pemko Bukittinggi

Disdukcapil dan KPU Bukittinggi Rekam Data KTP-E Warga Binaan Lapas Klas II A

Bukittinggi, KABA12.com — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bukittinggi bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU), melakukan perekaman data KTP Elektronik pada 31 warga binaan, Kamis (17/01).

Hal ini sebagai langkah untuk melindungi hak pilih warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Bukittinggi.

Pelaksanaan perekaman KTP Elektronik itu juga dikunjungi Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias yang secara langsung memantau proses perekaman data KTP Elektronik. Dalam keterangannya, Ramlan Nurmatias menuturkan, sesuai ketentuan Undang-Undang, setiap warga negara yang telah berusia 17 tahun mempunyai hak untuk memilih pada Pemilu 2019 mendatang.

“Sesuai dengan laporan dari Kalapas Klas II A Bukittinggi, bahwa masih ada warga binaan yang berasal dari Bukittinggi yang belum masuk daftar pemilih karena terkendala kepemilikan KTP Elektronik. Untuk itu, Disdukcapil melakukan perekaman agar napi tersebut dapat mempergunakan hak pilihnya pada pemilu 17 April mendatang,” ujar Ramlan.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Bukittinggi, Benny Aziz, menjelaskan, sesuai surat edaran KPU RI bahwa KPU Kab/kota diperintahkan untuk mendampingi Disdukcapil untuk melakukan perekaman e KTP terhadap warga binaan baik di lapas maupun di Rutan.

“Kami diperintahkan KPU RI untuk mendampingi Disdukcapil Bukittinggi melakukan perekaman e KTP sekaligus meminta data hasil perekaman untuk dimasukkan sebagai daftar pemilih khusus (DPK) pada Pemilu April mendatang, karena Napi ini belum masuk ke dalam DPT yang telah ditetapkan sebelumnya,” terangnya.

Karena Lapas Klas II A Bukittinggi itu berada di Biaro yang merupakan wilayah Kabupaten Agam sambung Benny Aziz, maka mekanisme pelaksanaan pemungutan suara nantinya akan dikoordinasikan dengan KPU Agam untuk pindah memilih dengan alasan tertentu sesuai dengan aturan yang ada.

“Sekarang ini yang paling penting kita melindungi hak pilih mereka agar mereka bisa menggunakan hak pilihnya di sini,” ulasnya.

Menurut Benny Aziz, sebagai tindak lanjut, KPU Kota Bukittinggi juga akan melakukan sosialisasi di Lapas Bukittinggi agar surat suaranya sah, melalui sosialisasi bagaimana cara mencoblos, apa saja surat suara yang akan diberikan dan bagaimana teknisnya.

“Namun KPU Bukittinggi belum dapat memastikan apakah akan ada TPS khusus di Lapas Klas II A ini atau tidak, mengingat hingga saat ini mekanismenya belum ada. Nanti akan ada juknis lebih lanjut untuk teknis pemungutan suara. Apakah ada TPS khusus atau dilakukan pemilihan di TPS sekitar Lapas,” ungkapnya.

Kalapas Klas II A Bukittinggi, Marten, mengatakan, Lapas ini masuk kategori rujukan dari beberapa Lapas yang ada pada Kabupaten dan Kota di Provinsi Sumatera Barat. Saat ini penghuni Lapas Bukittinggi berjumlah 570 orang. Untuk Napi yang berasal dari Bukittinggi berjumlah 150 orang. Dari jumlah tersebut, yang belum melakukan perekaman KTP Elektronik berjumlah 59 orang.

Setelah dilakukan kroscek oleh Disdukcapil Bukittinggi, ada beberapa yang sudah terekam datanya. Jadi, konkrit yang melakukan perekaman KTP Elektronik hari ini berjumlah 31 orang.

“Jumlah ini bisa saja bertambah jika ada warga atau tahanan baru dari Bukittinggi dan tidak memiliki KTP Elektronik dan sebagai tindak lanjut diharapkan nanti juga ada perekaman data susulan,” jelasnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });