Kaba Terkini

Inovasi Nagari Parik Panjang Bangun Pabrik Kompos Kapasitas 1 Ton per Hari

Matur, kaba12.com — Nagari Parik Panjang, Kecamatan Matur Kabupaten Agam segera operasionalkan pabrik pengolahan pupuk kompos.

Pabrik pengolahan pupuk kompos itu yang sudah selesai dibangun, yang dijadualkan segera beroperasi dan diproyeksikan menampung dan mengolah sampah organik untuk dijadikan pupuk di wilayah tersebut.

Bahkan akhir tahun lalu, pabrik pengolahan sampah tersebut sudah diujicoba dan akan diresmikan pemakaiannya dalam waktu dekat.

Walinagari Parik Panjang Yasyar, SH, terkait dengan pembangunan pabrik pengolahan pupuk kompos tersebut menjelaskan, pihaknya sudah merampungkan fasilitas pabrik mini yang kedepan akan memproduksi pupuk kompos.

Dijelaskan, beberapa peralatan mesin sudah terpasang di lokasi pabrik, dan telah mulai diuji coba,” tahun ini pabrik pengolahan pupuk kompos akan beroperasi penuh,” sebut Yasyar.

Ditambahkan, uji coba produksi sudah dilakukan akhir tahun 2018 lalu, dan berhasil memproduksi pupuk kompos dengan kualitas yang sangat baik bahkan dalam kondisi optimal dan ketersediaan bahan baku untuk diproduksi, pabrik ini akan menghasilkan sekitar satu ton pupuk kompos per hari.

” Kita berharap, operasional pabrik itu secara resmi dilakukan awal tahun ini, yang akan dijalankan oleh Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Parik Panjang,” jelas Yasyar lagi.

Sementara Camat Matur Tommy TRD, S.STP, menjawab kaba12.com menjelaskan, pendirian pabrik pupuk kompos di Nagari Parik Panjang itu menjadi terobosan tersendiri bagi nagari tersebut.

Dijelaskan, keberadaan pabrik pengolahan pupuk kompos itu, bisa ditarik tiga jejaring utama yang terdampak, yaitu peningkatan kesejahteraan masyarakat nagari, peningkatan kebersihan nagari dan terakhir ketersediaan kebutuhan pupuk petani.

“Jadi jangan dilihat skala mikronya saja bahwa pabrik ini menghasilkan pupuk kompos. Tapi dilihat juga dari sudut pandang makronya, ” sebut Tommy.

Ditambahkan, dengan pabrik tersebut, hasil penjualannya bisa meningkatkan pendapatan masyarakat dan nagari. Selain itu, karena pabrik kompos ini membutuhkan sampah organik, maka secara tidak langsung peredaran sampah organik di nagari akan berkurang drastis karena akan diserap oleh pabrik ini.

” Secara otomatis, hal itu sudah meringankan beban kerja kita terhadap persoalan persampahan,” ulasnya.

Tommy TRD menambahkan, dengan adanya pabrik ini, maka para petani di Kecamatan Matur bisa mendapatkan pupuk kompos berkualitas tinggi dengan harga terjangkau yang kemudian akan berpengaruh terhadap produktifitas pertanian di wilayah Matur.

Camat Matur itu, mengapresiasi keberadaan pabrik pupuk kompos itu, karena sebelumnya Nagari Parik Panjang sudah memiliki BUMNag yang bergerak di bidang budi daya kambing etawa.

Dengan adanya pabrik pengolahan pupuk kompos ini, maka dua jenis usaha yang dikelola oleh BUMNag ini akan bisa saling mendukung dan bersinergi.

“Kita mulai dengan Bismillah, semoga kehadiran pabrik pupuk kompos di Nagari Parik Panjang ini bisa mengambil peran dalam program Agam Menyemai yang diinisiasi Bupati Agam Dr. Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah,” Tommy TRD Camat Matur itu lagi.

Keberadaan pabrik pupuk kompos di nagari Parik Panjang tersebut, kini menjadi salah satu terobosan penting pemerintah nagari Parik Panjang, Matur, ditengah semakin gencarnya beragam inovasi di berbagai lini di kecamatan Matur setahun terakhir.
HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });