Pariwara Pemko Bukittinggi

Adipura Tiga Kali Berturut-Turut Bukti Bukittinggi Kota Pariwisata yang Bersih dan Rapi

Bukittinggi, KABA12.com — Luar biasa. Kota Bukittinggi, untuk ketiga kalinya secara berturut-turut, berhasil meraih piala adipura untuk tahun 2018.

Setelah tiba di Bukittinggi, Piala Adipura yang merupakan kebanggaan dan bukti keberhasilan dalam menjaga kebersihan serta keseimbangan pola hidup itu, diarak keliling kota Bukittinggi, Selasa (15/01).

Piala Adipura, yang langsung dibawa Walikota dan Ketua DPRD, diserahkan kepada perwakilan pasukan orange dan pasukan hijau, yang berjasa dalam menjaga kebersihan kota.

Selanjutnya, Piala Adipura diarak menuju lapangan Kantin, kemudian dilaksanakan seremonial penyambutan yang dihadiri Niniak Mamak, Bundo Kanduang, Kepala OPD dan ribuan pelajar se kota Bukittinggi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bukittinggi, Supadria, menjelaskan, Adipura yang diraih ini, merupakan hasil penilaian tahun 2018. Penilaian dilakukan beberapa tahapan sejak Februari 2018.

“Kriteria penilaian, peran serta pemerintah melalui program kerja, DPRD dari segi penganggaran dan peran serta dari masyarakat. Namun demikian, kedepan pada tahun 2019, peran serta masyarakat, menjadi penilaian paling tinggi. Semoga kedepan dapat terus dipertahankan.

Ketua DPRD Bukittinggi, Beny Yusrial, mengapresiasi usaha keras dari seluruh pihak, terutama “pasukan orange dan hijau”, yang telah bekerja maksimal untuk mewujudkan kota yang bersih.

Namun dengan diraihnya adipura untuk ketiga kalinya secara berturut-turut ini, menjadi salah satu bukti kepedulian dan keterlibatan masyarakat dan unsur pemerintahan termasuk DPRD Bukittinggi sendiri.

“Penghargaan ini merupakan penghargaan bagi seluruh masyarakat kota Bukittinggi. Ini menjadi parameter bagi seluruh masyarakat untuk lebih peduli kepada lingkungan. Penghargaan adipura memang memiliki penih makna ketika kesadaran menjaga kebersihan lingkungan telah membudaya dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Bukittinggi,” ujar Beny.

Lebih lanjut Ketua DPRD berpesan, agar prestasi dan kesadaran terhadap lingkungan ini dapat terus dipertahankan dan lebih ditingkatkan.

“Bukan karena penghargaannya, tapi lebih kepada lebih membudayakan dan menanamkan kesadaran pola hidup sehat dan bersih dalam kehidupan sehari-hari. Selamat kepada pemko dan selamat kepada masyarakat kota Bukittinggi,” papar Beny Yusrial.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, menjelaskan, piala adipura tiga kali berturut-turut diraih Bukittinggi sejak 2016, 2017 dan 2018. Bukittinggi kota pariwisata, tentu harus bersih, rapi dan tertib.

“Sebagai kota pariwisata, kebersihan menjadi harga mati. Tujuan kita bukan pialanya, tapi bagaimana mengambil kebijakan untuk menjadikan kota ini bersih, rapi dan tertib,” tegas Ramlan.

Selanjutnya, Walikota berterimakasih kepada seluruh pihak, petugas kebersihan, forum kota sehat, sekolah sekolah dan masyarakat yang berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan. Piala adipura merupakan penghargaan untuk masyarakat Bukittinggi.

Walikota mengakui untuk mewujudkan kota Bukittinggi sebagai kota yang bersih, pemerintah masih punya kendala.

Diantaranya, masih ada warga yang tidak ikuti aturan pembuangan sampah mulai pukul 18.00 WIB hingga 06.00 WIB. Pemilahan sampah organik dan anorganik masih belum maksimal.

“Untuk itu, kami himbau kepada seluruh warga, mari kita tingkatkan kebersihan lingkungan mulai dari rumah tangga. Jangan biarkan sampah menumpuk di pinggir jalan, karena kota ini harus bersih dan rapi,” himbau Wako.

Sebelumnya, piala adipura tahun 2018 ini diserahkan langsung Wakil Presiden kepada Walikota Bukittinggi.

Penetapan Kota Bukittinggi sebagai peraih anugerah Adipura ini oleh tim penilai Adipura dibawah koordinasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) melalui proses yang sangat panjang. Sebelumnya tim telah melakukan sejumlah penilaian dengan sangat ketat, termasuk dengan melakukan peninjauan lapangan di Kota Bukittinggi.

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, menjelaskan, kriteria untuk meraih anugerah Adipura tahun ini telah diketatkan.

Hal itu didukung penuh Presiden agar kondisi wilayah di Indonesia ini menjadi semakin baik dari tahun ke tahun.

Sebagai contoh, penilaian diberikan dalam hal implementasi atas amanat UU Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah. Dalam UU tersebut, setiap kabupaten/kota melakukan upaya dan hasil dalam memenuhi target nasional pengelolaan sampah, yaitu pengurangan sampah sebesar 30 persen dan penanganan sampah sebesar 70 persen pada 2025.

Piala Adipura di Bukittinggi tahun 2018, diserahkan oleh Walikota kepada Ketua DPRD dan selanjutnya diberikan kepada Ketua LKAAM, sebagai perwakilan masyarakat kota Bukittinggi. Proses pengarakan piala adipura ini, dihibur dengan atraksi dari marchingband IPDN Regional Sumbar. Setelah diarak keliling kota, Piala Adipura diinapkan di Balaikota Bukittinggi.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });