Kaba DPRD Bukittinggi

Retribusi Naik, Ratusan Pedagang Antarkan Surat Keberatan ke DPRD

Bukittinggi, KABA12.com — Ratusan pedagang Pasar Bawah Bukittinggi mendatangi kantor DPRD Bukittinggi, Kamis (10/01). Kehadiran pedagang ini untuk mengantarkan surat keberatan atas kenaikan tarif retribusi pasar, yang dinilai tidak manusiawi dan diluar batas kewajaran.

Ivan Haikel, perwakilan pedagang Pasar Bawah, menyampaikan, pemerintah daerah telah menaikkan tarif retribusi pasar sejak awal tahun 2019 ini. Kenaikan ini dinilai pedagang sangat tidak manusiawi, karena tidak pernah dibicarakan sebelumnya dengan pedagang.

“Intinya kami menolak kenaikan retribusi ini menuntut untuk keputusan itu dicabut. Saat ini pedagang kondisi ekonominya susah, daya beli menurun. Kenapa pemerintah malah menaikkan retribusi pasar yang cukup signifikan. Kami pelaku pasar menyampaikan keberatan tarif retribusi yang baru ini, karena memang tidak mampu bagi pedagang dan kami menilai sangat tidak manusiawi. Selain itu, kenaikan ini tidak melalui sosialisasi sebelumnya, serta tidak pernah dibicarakan sebelumnya dengan pelaku pasar,” jelasnya.

Ivan menegaskan, kedatangan pedagang ke DPRD dalam rangka menyampaikan surat keberatan pedagang atas kenaikan retribusi sewa pasar yang sangat beragam dan sangat membebankan pedagang serta adanya ketidakwajaran. “Karena pengumuman disampaikan dengan hanya menempel kertas di dinding tanpa ada kop surat resmi,” tambahnya.

Kedatangan pedagang ini, diterima anggota DPRD M. Nur Idris. Ketua Komisi I, menyampaikan, keberatan pedagang ini akan segera disampaikan kepada pimpinan dan dikoordinasikan dengan pemerintah kota Bukittinggi. Sebelumnya memang beberapa waktu terakhir, komisi II dan III juga berkoordinasi dengan komisi I untuk membahas persoalan ini.

“Aspirasi dan keberatan ini kita terima dan ini akan segera kita bicarakan degan seluruh anggota DPRD dan selanjutnya dibawa dalam rapat kerja bersama pemko Bukittinggi. Kami berharap pedagang bersabar untuk menunggu hasil pembicaraan agar mendapat solusi tebaik dari permasalahan ini,” ujar M. Nur Idris.

Di akhir pertemuan, perwakilan pedagang menyerahkan surat keberatan itu kepada DPRD dan ditembuskan kepada Walikota Bukittinggi.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top