Kaba Terkini

PDAM Tirta Antokan Agam Diakui “SEHAT” BPPSPAM Kemen PUPR

Lubukbasung, KABA12.com — Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Antokan Kabupaten Agam terus menunjukkan kinerja yang baik melalui layanan yang diberikannya pada masyarakat.

Hasil kinerja itupun juga telah mendapat pengakuan dari Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyedia Air Minum (BPPSPAM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) pada 2018 dengan ‘kinerja SEHAT’.

“Penilaian tersebut merupakan penilaian tahunan yang diterbitkan oleh BPPSPAM berdasarkan hasil penilaian tertutup bekerja sama dengan beberapa instansi. Penilaian dilakukan untuk melihat dan mengukur tingkat kinerja manajemen, efisiensi dan efektivitas pengelolaan PDAM,” kata Direktur PDAM Tirta Antokan Kabupaten Agam, Endrimelson, Rabu (09/01) di Lubukbasung.

Dia menjelaskan, dari 16 Perusahaan Daerah Air Minum yang ada di Sumatera Barat,PDAM Tirta Antokan Kabupaten Agam berada di peringkat keempat dengan nilai 3,20 atau kinerja kategori SEHAT.

Diposisi ketiga diraih PDAM Kota Padangpanjang dengan nilai 3,34, diposisi kedua PDAM Kota Padang dengan nilai 3,54 dan diposisi satu diraih PDAM Kota Payakumbuh dengan nilai 3,66.

“Untuk di Provinsi Sumbar kita peringkat keempat, di Pulau Sumatera posisi 13. Sedangkan se-Indonesia kita berada di posisi 122. Keluarnya hasil penilaian tersebut secara tidak langsung menunjukkan kinerja PDAM Tirta Antokan masih diakui sehat oleh pemerintah pusat,” tukasnya.

Dalam penilaian kinerja ini, ada 28 indikator kinerja PDAM yang dinilai. Indikator itu dibagi menjadi empat aspek: keuangan, pelayanan, operasional, dan Sumber Daya Manusia.

Kemudian hasil penilaian dibagi menjadi tiga kategori: PDAM sehat, kurang sehat, dan sakit.

Dia berharap raihan penilain PDAM Tirta Antokan Kabupaten Agam tahun 2018 ini, kiranya dapat menjadi pelecut semangat pihaknya untuk semakin meningkatkan kinerja.

BPPSPAM merupakan lembaga yang bertanggungjawab kepada Menteri yang bertugas membantu pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam meningkatkan penyelengaraan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang dilaksanakan oleh Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah (BUMN/BUMD) penyelenggara SPAM. Tugas utama BPPSPAM adalah meningkatkan jumlah PDAM sehat melalui pembinaan dalam peningkatan tata kelola perusahaan yang baik.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top