Kaba DPRD Bukittinggi

DPRD Bukittinggi Buka Masa Sidang 2019

Bukittinggi, KABA12.com — DPRD kota Bukittinggi gelar rapat paripurna istimewa perdana di tahun 2019 bersama pemerintah kota Bukittinggi, di gedung DPRD, Senin (07/01).

Paripurna istimewa dilaksanakan dengan agenda tutup masa sidang tahun 2018 dan pembukaan masa sidang tahun 2019.

Juru bicara DPRD Bukittinggi, Rusdy Nurman, memaparkan, setiap tahun DPRD selalu memyampaikan laporan kinerja tahunan, sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat kota Bukittinggi yang telah memberikan amanah.

Untuk fungsi pembentukan perda, selama tahun 2018, DPRD telah menyelesaikan pembahasan terhadap 13 ranperda.
“Dari 13 ranperda itu, 12 diantaranya telah disetujui dan ditandatangani nota persetujuan bersama dengan pemerintah daerah. Sedangkan 5 ranperda lainnya, masih dalam proses evaluasi Gubernur,” jelasnya.

Sementara itu, untuk fungsi penganggaran, DPRD Bukittinggi bersama pemerintah daerah telah melakukan pembahasan ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2017, pembahasan ranperda perubahan APBD tahun 2018, pendahuluan RAPBD 2019, laporan realisasi semester pertama 2018 dan semester kedua di tahun yang sama, serta pembahasan ranperda APBD tahun 2018.

“Sedangkan terkait pengawasan, fungsi ini dilaksanakan dengan berbagai kegiatan rapat bersama mitra kerja, rapat dengar pendapat dan rapat dengar pendapat umum. Selain itu juga dilakukan kunker dan reses yang dilaksanakan 1 kali setiap masa sidang,” ujar Rusdy.

Ketua DPRD Bukittinggi, Beny Yusrial, menyampaikan proses peralihan waktu dapat dijadikan sebagai momentuk untuk refleksi diri. Refleksi yang dimaksud mengarah kepada evaluasi pekerjaan selama tahun 2018 dan mempersiapkan diri untuk bekerja lebih baik di tahun 2019.

Khusus di lembaga lefislatif, DPRD Bukittinggi telah melaksanakan fungsi sebagai lembaga penyusun anggaran, pembentukan perda dan sebagai lembaga pengawasan. Setiap komisi yang ada di DPRD juga telah melakukan pengawasan jalannya pemerintahan melalui rapat kerja dengan SKPD sesuai fungsi, peninjauan lapangan serta bentuk pengawasan lainnya.

“Terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah bekerja sama dengan kami untuk menjalankan roda pemerintahan. Hal ini diharapkan dapat terus kita tingkatkan di tahun 2019 ini dan tahun-tahun selanjutnya. Dengan mengucapkan Bismilahirrahmaanirrahim, kita buka masa sidang tahun 2019,” ungkap Beny.

Sementara itu, Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, mengapresiasi kinerja dan kerjasama yang telah dibangun DPRD bersama pemerintah kota. Dimana seluruh prestasi dan penghargaan yang diraih kota Bukittinggi, tak lepas dari dukungan DPRD kota Bukittinggi.

“Tiga fungsi DPRD, kami akui telah dijalankan dengan baik. Bahkan sinergi yang dibangun bersama pemerintah, kita harapkan dapat membawa Bukittinggi ke arah yang lebih baik demi kamajuan dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Ramlan.

Selama 2019 mendatang, DPRD pun menargetkan dapa melakukan pembahasan sebanyak 22 ranperda.

Meskipun masuk pada akhir tahun masa jabatan sebagai anggota DPRD periode 2014-2019, namun para wakil rakyat ini, bertekad akan tetap fokus dalam bekerja dan melanjutkan amanah yang dibebankan kepada mereka.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top