Kaba Terkini

Tahun 2018 Kasus Tindak Pidana Naik di Wilayah Hukum Polres Agam

Lubukbasung, KABA12.com — Kapolres Agam AKBP Ferry Suwandi mengatakan, selama tahun 2018 tindak pidana di wilayah hukum Polres Agam mengalami trend peningkatan jika dibandingkan dengan tahun 2017 lalu.

Dari 11 jenis permasalahan yang menonjol, enam diantaranya mengalami kenaikan, seperti pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian kendaraan bermotor (curanmor), perkosan/cabul, pengrusakan, narkoba dan judi.

“Secara umum tindak pidana di wilkum Polres Agam selama tahun 2018 mengalami peningkatan, dari 97 kasus pada tahun 2017 naik menjadi 170 kasus di tahun 2018. Akan tetapi, ada kenaikan bukan berarti karena keteledoran atau kecerobohan kita sebagai penegak hukum, namun karena dominannya aduan masyarakat yang masuk ke kami kepolisian,” ujar Kapolres Agam saat ekspos akhir tahun 2018 di aula Wibisono Mapolres setempat, Senin (31/12).

Dia merincikan, untuk kasus tindak pidana Curat tercatat sebanyak 26 kasus, meningkat sekitar 20 kasus dari tahun 2017 yang hanya berjumlah 6 kasus.

Curanmor naik 32 kasus atau sekitar 95% dari tahun 2017 sebanyak 34 kasus, pada tahun 2018 tercatat sebanyak 66 kasus.

“Curat didominasi aduan masyarakat tentang masalah lahan tanah dan beberapa pencurian biasa seperti pencurian sawit, barang elektronik rumahtangga, dan ternak. Sementara untuk curanmor seluruh wilayah Polda Sumbar secara massive juga mengalami hal yang sama, bahkan ada yang telah ditangkap, namun mereka masih belum juga jera,” jelasnya.

Kemudian kasus perkosaan/pencabulan yang mengalami kenaikan hingga 145%, dari jumlah 11 kasus pada tahn 2017 naik menjadi 27 kasus atau mengalami peningkatan 16 kasus.

Setelah itu tindak pidanan jenis pengrusakan bertambah sekitar empat kasus, dari jumlah empat kasus naik menjadi delapan kasus.

Terakhir, tindak pidana kasus narkoba dan perjudian yang sama-sama mengalami kenaikan 2 kasus.

“Kita sudah coba upaya cukup besar memberikan penyuluhan, himbauan kepada masyarakat, door to door, menjadi penceramah disetiap masjid yang dilakukan Bhabinkamtibmas disetiap nagari, bahkan sudah kita lakukan secara massive, tapi belum bisa maksimal dalam menekan angka tindak pidana ini. Untuk narkoba dan judi, ini bukan kasusnya yang semakin tinggi, tapi pengungkapan oleh anggota kita yang cukup banayak, hasil kerja keras dari angota sehingga angka itu menjadi lebih baik,” sampainya.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });