Kaba Pemko Bukittinggi

Baznas Microfinance Bukittinggi Kembangkan Kemitraan dan Pemasaran Produk UKM

Bukittinggi, KABA12.com — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kota Bukittinggi, melalui BAZNAS Microfinance Desa (BMD) Bukittinggi, gelar workshop pengembangan kemitraan dan pemasaran produk pelaku usaha mikro, di aula Baznas Bukittinggi, Tangah Sawah, Sabtu (29/12).

Ketua Baznas Bukittinggi, Prof. A. Rahman Ritonga, didampingi Manajer BMD Bukittinggi, Muhamad Defrisal, menjelaskan, masyarakat Bukittinggi yang telah bergabung dengan program BMD, tidak hanya dilepas begitu saja, namun dilakukan pembinaan secara marathon.

“Kita langsung ikut serta memberikan pembinaan dan mengembangkan usaha mereka. Seperti dengan pelatiahn saat ini, bagaimana pengelolaan keuangan UKM, bagaimana mengemas produk menjadi lebih berkesan dan menarik serta pembinaan dalam bentuk lainnya,” jelasnya.

A. Rahman Ritonga menambahkan, bergabung dan mendapatkan pembiayaan serta pembinaan usaha dari BMD Bukittinggi, merupakan program jelas dan nyata. Memberikan pembiayaan murni sesuai syariah, dengan 0% bunga, 0% biaya administrasi, 0% potongan dan 0% biaya lain.

Achta Yusticia, Direktur Pemberdayaan BMFi Baznas RI, menjelaskan, program BMD di Bukittinggi sudah berjalan selama tiga bulan lebih. Dalam waktu yang singkat, BMD Bukittinggi mampu menarik perhatian UKM dan telah dapat memfasilitasi 243 mustahiq.

“Ini sangat luar biasa. Tujuan program BMD untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, berjalan sukses dan maksimal. Untuk itu, selanjtnya kita ingin meningkatkan kapasitas pelaku usaha mikro dalam hal manajemen keuangan mikro dan pemasarannya,” ujar Achta.

Ia melanjutkan, untuk saat ini, sudah ada 12 jenis makanan yang difasilitasi oleh baznas microfinance yang dibantu proses packaging. “Ini akan kita tingkatkan lagi, sehingga seluruh produk dari UKM memiliki packaging yang menarik, serta akan dibantu pengurusan label halal dari MUI serta PIRT bekerjasama dengan dinas kesehatan,” jelasnya.

Walikota, melalui Assisten II Setdako Bukittinggi, Ismail Johar, menyampaikan lebih dari 4000 KK di Bukittinggi, masih tergolong masyarakat ekonomi lemah. Pemko sendiri tengah melakukan berbagai upaya untuk menekan angka kemiskinan, melalui program yang memang langsung memberdayakan masyarakat itu sendiri.

“Program Baznas microfinance dengan sejumlah kegiatannya ini, tentu sinergi dan sangat membantu pemerintah dalam menekan angka kemiskinan di Bukittinggi. Karena dengan sistem pinjaman modal tanpa bunga, para pelaku UKM juga diberikan pembinaan dan dibantu dalam pemasarannya. Kami dari pemko sangat berterima kasih kepada Baznas,” ungkap Ismail.

Pemko berharap, kegiatan ini mampu membawa perubahan bagi masyarakat Bukittinggi, khususnya bagi para mustahiq yang berusaha melalui UKM. Sehingga kedepan para mustahuq yang dibantu saat ini dapat berubah menjadi muzakki di masa yang akan datang.

Dalam kegiatan ini hadir sebagai narasumber, Ketua Kadin, Sadri MK, perwakilan Dinas kesehatan Bukittinggi dan UPZ PT. Semen Padang.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });