Kaba Terkini

Disdukcapil Agam Maksimalkan Layanan

Lubukbasung, kaba12.com.— Dinas kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) kabupaten Agam maksimalkan layanan dokumen kependudukan di kabupaten Agam. Berbagai inovasi dilakukan untuk mendorong optimalnya pelayanan pada masyarakat, termasuk program jemput bola ( jebol) data kependudukan yang dilakukan secara intensif ke seluruh jorong dan nagari di kabupaten Agam. Program ini, efektif untuk mendorong presentase pengurusan berbagai berkas kependudukan yang harus dimiliki masyarakat.
Sementara untuk keamanan dan keterjaminan data penduduk, Disdukcapil Agam sudah menyiapkan perangkat pengaman khusus untuk data arsip kependudukan, serta mengupayakan layanan cepat, tepat dan menyenangkan agar masyarakat yang berurusan tidak berlama-lama untuk mendapatkan dokumen kependudukan yang dibutuhkan.

Program “jebol” sebut Drs.Misran,Mpd, Kadisdukcapil Agam, sangat efektif dalam mendorong optimalnya pelayanan yang diberikan jajaran Disdukcapil Agam untuk masyarakat, terutama yang berada jauh dari pusat pemerintahan kabupaten Agam, sehingga untuk berurusan ke Lubukbasung membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikiti, sehingga tim Disdukcapil Agam sengaja mendatangi wilayah jorong dan nagari untuk melayani keperluan masyarakat akan dokumen kependudukan.

Program ini, dilakukan setiap hari libur kantor, terutama hari Sabtu sesuai permintaan pemerintah nagari atau kecamatan, dimana Disdukcapil Agam sengaja membawa tim khusus bersama perangkat pendukung untuk melayani masyarakat secara langsung, baik untuk pengurusan KTP-el, kartu keluarga atau dokumen lain.

“ Hal ini efektif untuk memaksimalkan dukungan terhadap pelayanan berbagai dokumen kependudukan pada masyarakat kabupaten Agam yang berada di berbagai wilayah yang cukup jauh dari pusat kecamatan atau pemerintahan kabupaten Agam di Lubukbasung, “ ulas Misran.

Sementara untuk mengoptimalkan pengamanan, dan sebagai bentuk keterbukaan dalam pemberkasan dokumen, Disdukcapil Agam juga sudah memusnahkan KTP-elektronik invalid atau yang sudah rusak dengan cara membakarnya, dengan propsesi khusus di hadapan pejabat publik dan unsur forkpimda Agam pekan lalu.

Langkah ini, seperti dijelaskan Drs.Misran,Mpd, Kadisdukcapil Agam, selain sebagai wujud transparansi Disdukcapil Agam terkait dengan dokumen kependudukan, khusus KTP-el yang rusak atau invalid, karena sesuai dengan edaran menteri dalam negeri, KTP-el yang rusak atau invalid harus dimusnahkan yang dilakukan di hadapan publik dan pejabat daerah,” itu sudah kita lakukan, untuk menwab tuntutan masyarakat, dan mengantisipasi isu-isu yang tidak sehat, “ tegasnya.

Prosesi pembakaran KTP-el invalid atau rusak itu, sengaja dilakukan dihadapan para pejabat daerah, termasuk dari unsur forkopimda, KPU, Bawaslud, LMS, Pers dan unsur lain, sehingga bisa disaksikan secara terbuka, bahwa KTP-el yang rusak dan invalid tersebut, dimusnahkan, dengan jumlah yang sudah diumumkan.

Ditegaskan Misran, pihaknya berupaya maksimal memberi layanan terbaik, sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan pemerintah, mengingat data kependudukan, merupakan hal yang sangat penting untuk kepentingan masyarakat, apalagi saat ini menjelang pemilu 2019.

(ARDI)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });