Agam

Ketersediaan Pangan Di Agam Aman Hingga Tahun Baru 2019

Lubukbasung, KABA12.com — Meski sejumlah kebutuhan bahan pokok mengalami kenaikan, Pemerintah Kabupaten Agam menjamin ketersediaan bahan kebutuhan pokok di daerah itu aman menjelang Natal dan tahun baru 2019.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Agam, Ermanto menyebutkan persediaan beras, ikan, cabai, sayur-sayuran dan lainnya aman hingga awal tahun baru.

Dia menjelaskan, untuk produksi ikan air tawar di daerah itu ada sekitar lima ton per hari. Begitupun dengan hasil produksi ikan laut.

“Karena kita merupakan daerah penghasil ikan air tawar terbesar di Sumbar jadi persediaan ikan untuk kebutuhan hingga awal tahun masih mencukupi. Ditambah beberapa daerah tetangga yang juga jadi pemasok ikan ke Agam, seperti Airbangis Pasaman Barat, Pariaman dan lainnya,”
jelas Ermanto.

Sementara persediaan beras, sekitar puluhan ton menurutnya telah tersedia di 12 Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM) yang tersebar di 16 kecamatan. LDPM ini akan menjual beras dengan harga murah kepada masyarakat.

Sedangkan untuk cabai dan sayur-sayuran, petani di Kecamatan Matur, Banuhampu, IV Koto dan lainnya sedang kondisi panen.

“Untuk harga kebutuhan masih fluktuatif dan cenderung masih normal semenjak awal November 2018 dan harga kebutuhan ini tidak berpengaruh
saat Natal dan tahun baru,” katanya.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top