Kaba Pemko Bukittinggi

Ria Deviana Perempuan Inspiratif Sumbar. Program PPDI Diapresiasi

Bukittinggi, KABA12.com — Ria Deviana, akhirnya terpilih menjadi perempuan inpiratif terbaik pertama di provinsi Sumatera Barat. Sosoknya yang rendah hati dan semangat dalam memperjuangkan hak para penyandang disabilitas dan kaum perempuan di Bukittinggi, menjadi poin utama serta nilai penting, berhasilnya Ria menjadi yang terbaik di Sumatera Barat.

Penghargaan perempuan inspiratif Sumatera Barat itu, diserahkan langsung Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise, saat peringatan Hari Ibu ke 90, di Lapangan Wirabraja Bukittinggi, Sabtu (22/12). Berbagai apresiasi membanjiri tokoh perempuan yang juga dipercaya sebagai Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) kota Bukittinggi ini.

Ria Deviana, merasa bersyukur atas hasil penialaian yang menjadikan dirinya perempuan inspiratif terbaik di Sumatera Barat. Penghargaan ini, ia persembahkan untuk seluruh penyandang disabilitas dan masyarakat kota Bukittinggi.

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur, bisa membawa nama baik kota Bukittinggi untuk tingkat Sumbar. Program yang kami susun dalam memperjuangkan hak para penyandang disabilitas melalui PPDI, memang menjadi tujuan utama kami. Karena memang, kami sebagai penyandang disabilitas, juga ingin diterima di tengah masyarakat dan ingin berbuat serta berdedikasi untuk kota Bukittinggi yang kami cintai,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ria juga sempat berdiskusi dengan Menteri Yohana, terkait program PPDI yang ingin memberikan edukasi kepada para orang tua dari anak-anak peyandang disabilitas dan down sindrom serta anak berkebutuhan khusus (ABK). “Kami ingin para orang tua meneriam kondisi sang anak, karena anak-anak ini, menjadi lading amal bagi mereka. Bahkan melindungi, merawat dan mendidik anak anak tersebut, InsyaAllah, akan menjadi jalan bagi kita untuk menuju surga Allah SWT,” jelasnya.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, mengapresiasi upaya dari Ria Deviana dalam memperjuangkan hak-hak para penyandang disablitas. Komunikasi yang baik antara organisasi yang ia pimpin dengan pemerintah kota sudah mulai dibangun sejak beberapa bulan terakhir.

“Kita dari pemerintah kota, akan terus memperhatikan seluruh lapisan masyarakat, termasuk para peyandang disabilitas. Fasilitas umum yang kita bangun saat ini, juga kita konsep seramah mungkin bagi penyandang disabilitas. Kedepan bersama DPRD juga dibahas perda terkait perlindungan hak mereka ini. Kita dukung terus dan kita siap bersinergi untuk mensejahterakan seluruh lapisan masyarakat,” ungkap Ramlan.

Sementara itu, Menteri PPPA, Yohana Susana Yembise, sangat terharu dengan semangat para penyandang disabilitas, khususnya di kota Bukittinggi. Menteri Yohana mengakui, hal ini tentu tak lepas dari kepedulian Ria Deviana yang mampu menjadi salah satu motor penggerak disabilitas dan menjadi perempuan inspiratif di SUmbar.

“Kami salut dan bangga dengan anak-anak kita in. kami juga berterima kasih kepada Ria Deviana dengan PPDI nya, Pemko Bukittinggi serta seluruh pemerhati disabilitas ini. Kami siap menerima saran dan program terkait perhatian kepada disabilitas ini. Kita juga siap berkoordinasi dengan kemeterian terkait lainnya,” ungkap Yohana.

Apresiasi Menteri Yohana, bukan hanya dari perkataannya saja. Bahkan, Sang Menteri sempat meneteskan air mata, saat melihat salah seorang anak penyandang disabilitas memeragakan keterampilan mereka dan melukis dan menyanyi untuk Menteri yang berasal dari Papua itu.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });