Agam

19 Kali Jebol, Lebih 9000 Dokumen Kependudukan Diterbitkan di Agam

Lubukbasung, KABA12.com — Pemerintah Kabupaten Agam menargetkan perekaman KTP elektronik tuntas dilaksanakan untuk 82 nagari hingga 31 Desember 2018 mendatang. Untuk mencapai target itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat terus gencarkan berbagai program untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat, salah satunya melalui program jemput bola (Jebol) ke sekolah dan nagari.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Agam, Misran didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data, Novia Sandrianti mengungkapkan, sebanyak 18 kali program Jebol itu dilakukan sepanjang tahun 2018, sudah ada 9.950 dokumen kependudukan diterbitkan.

“19 kali pelayanan Jebol itu dilakukan di sekolah sebanyak delapan kali dengan menerbitkan 4.540 lembar e-KTP, dan nagari 11 kali dengan menerbitkan 5.410 lembar kartu keluarga, surat pindah, akte kelahiran, akte kematian dan lainnya,” ujarnya.

Dia menjelaskan, khusus untuk pelayanan Jebol di sekolah, Disdukcapil menyasar seluruh siswa yang telah berusia diatas 17 tahun melakukan perekaman data e-KTP. Hal ini dilakukan untuk mensukseskan pemilihan umum 2019.

Lebih lanjut dijelaskan, untuk program Jebol ini, Disdukcapil Agam menurunkan tim dengan jumlah anggota 10 orang beserta satu unit mobil untuk melayani siswa dan masyarakat.

“Siswa dan masyarakat tidak dibebani biaya satu persen pun saat pengurusan dokumen kependudukan itu,” tegasnya.

Ditempat terpisah, Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Martias Wanto mengatakan, saat ini masih ada ribuan orang yang belum melakukan perekaman e-KTP atau kartu tanda penduduk elektronik. Untuk itu pemerintah setempat menargetkan sampai 31 Desember 2018 perekaman KTP elektronik tuntas dilaksanakan untuk seluruh nagari.

“Untuk percepatan pelayanan kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Agam, sudah mengalokasikan anggaran yang cukup untuk perekaman e-KTP tersebut,” sebut Sekda.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top