Agam

SMPN 3 Lubukbasung Raih Adiwiyata Mandiri 2018

Lubukbasung, KABA12.com — Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Lubukbasung, Kabupaten Agam, meraih predikat Adiwiyata Mandiri dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia pada 2018.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Agam Hamdi mengatakan, penghargaan itu diserahkan di Auditorium Dr Ir Soedjarwo Gedung Manggala Wahana Bakti Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Jumat (21/12).

“Penyerahan penghargaan itu berdasarkan Surat Kementerian LHK No. UN.13/P2.SDM/LATMAS/SDM.2/12/2018 tentang Penyerahan Penghargaan Adiwiyata Nasional dan Mandiri 2018,” sampainya.

Menurutnya, untuk mendapatkan penghargaan tersebut, tidaklah mudah karena harus mempunyai 10 sekolah binaan untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah, dalam mengupayakan pelestarian lingkungan hidup, dengan tujuan menciptakan lingkungan yang sehat dan menghindarkan dari dampak lingkungan negatif.

“Penghargaan yang diterima SMPN 3 Lubukbasung itu karena dinilai warga sekolahnya berperan aktif dan berkinerja baik dalam upaya pelestarian lingkungan hidup di sekitar sekolah,” sebut Hamdi.

Ditambahkan, penghargaan itu diserahkan kepada 279 unit sekolah yang menerima Adiwiyata Nasional dan 117 unit sekolah yang menerima Adiwiyata Mandiri yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dari jumlah tersebut tujuh sekolah Adiwiyata Nasional berasal dari Sumatera Barat, diantaranya seperti SDN 20 Sitiuang Kabupaten Dharmasraya, SDN 08 Painan Selatan Kabupaten Pesisir Selatan, SDN 02 Percontohan Kota Padang, SDN 18 Silaiangbawah Kota Padangpanjang, SMP Maria Kota Padang, MTsN Kota Solok dan MAN 2 Solok.

Sementara sekolah menerima Adiwiyata Mandiri hanya ada tiga dari Sumbar yakni, SDN 04 Birugo Kota Bukittinggi, SMPN 3 Lubukbasung Kabupaten Agam dan SDN 08 Suraugadang Kota Padang.

Ditempat terpisah, Kepala SMPN 3 Lubukbasung Rusdi mengungkapkan rasa bangganya yang tak terhingga atas prestasi yang telah diraih tersebut. Dia berharap, seluruh aspek kegiatan adiwiyata yang diterapkan sekolah itu kedepannya benar-benar akan menjadi budaya sekolah dan dipertahankan.

“Puji syukur kepada Allah, SMPN 3 Lubukbasung meraih sekolah adiwiyata mandiri tahun 2018. Kami mengucapkan termakasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu dan memotivasi kepada semua warga sekolah, mudah-mudahan semua aspek kegiatan benar-benra menjadi budaya sekolah dan dapat mempertahankannya sehingga pelaksanaan pendidikan di sekolah benar-benar mencapai mutu yang diharapkan,” ungkapnya bangga.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top