Agam

Satya Lencana Kebaktian Sosial, Wujud Konsistensi Penanganan Masalah Sosial

Lubukbasung, KABA12.com — Bupati Agam Doktor Indra Catri dianugerahi  penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial dari Presiden Republik Indonesia (RI), yang diserahkan Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam  acara puncak Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) di Gorontalo, Kamis (20/12).

Satya Lencana Kebaktian Sosial merupakan tanda kehormatan tertinggi yang diberikan pemerintah sebagai penghargaan kepada warga negara Indonesia yang  berjasa terhadap perikemanusiaan dan masalah-masalah sosial lainnya.

Bersama bupati Agam, beberapa kepala daerah di Sumatera Barat juga mendapatkan penghargaan serupa diantaranya bupati 50 Kota Irfendi Arbi, bupat Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan walikota Padang Mhayeldi Ansyarullah.

Satya Lencana Kebaktian Sosial dari Presiden yang disematkan menteri sosial Agus Gumilang, menurut Kepala Dinas Sosial Kabupaten Agam, Kurniawan Syahputra, yang mendampingi bupati Agam di Gorontalo menyebutkan, Bupati Agam, ditetapkan presiden menerima  anugerah Satya Lencana Kebaktian Sosial berdasarkan keputusan Presiden Nomor 130/TK/2018.

Satya Lencana Kebaktian Sosial itu diserahkan kepada bupati Agam setelah melalui serangkaian analisa, verifikasi dan penilaian dari tim istana kepresidenan, yang sejak setahun terakhir juga mengevaluasi kegiatan sosial yang dilakukan pemerintah kabupaten Agam dibawah bupati Indracatri.

Disebutkan Kurniawan Syahputra, pemberian tanda kehormatan yang diterima bupati karena dinilai berperan aktif dan peduli dibidang kemanusiaan, bahkan konsisten dalam program penanganan masalah-masalah sosial di daerah  dibuktikan dengan program dan alokasikan anggaran yang ditetapkan.

Salah satu keunggulan atas indikator penilaian yang dilakukan kepada Bupati Agam yaitu, konsistensi dalam penanganan dan penanggulangan kemiskinan melalui Gerakan Agam Menyemai dan Ikhlas Berzakat. “Semua itu kita konsep dengan matang sesuai tatanan kemasyarakatan Nagari Madani. Tujuannya untuk mencapai masyarakat yang cerdas, iman yang kuat, berbadan sehat, dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Dalam rangkaian peringatan HKSN 2018 di Gorontalo, bupati Agam bersama Kadinas Sosial Agam mengikuti serangkaian kegiatan yang sudah dijadualkan sebelumnya, termasuk berbagai kegiatan sosial serta diskusi terkait penanganan masalah sosial secara nasional.

(Virgo/*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top