Agam

Dorong Pendidikan Politik, KPU Agam Sediakan Rumah Pintar Pemilu

Lubukbasung, KABA12.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, kini memiliki Rumah Pintar Pemilu (RPP).

Pantauan KABA12.com, ruangan itu berada di sebelah aula Husni Kamil Manik yang ada di komplek perkantoran KPU Kabupaten Agam di Lubukbasung.

Di dalam ruangan, tertata buku-buku soal kepemiluan dan partai politik yang lengkap menyediakan sumber informasi dan dokumentasi terkait sejarah Pemilu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, Riko Antoni mengatakan kehadiran Rumah Pintar Pemilu ini diharapkan dapat menjadi sarana pendidikan politik bagi pemilih dalam meningkatkan partisipasi saat pesta demokrasi pada 2019.

“RPP ini sebagai sarana edukasi bagi pemilih pemula dan masyarakat dalam meningkatkan partisipasi dan menekan jumlah suara tidak sah saat Pemilu nanti,” ujarnya.

Riko mengimbau masyarakat pemilih untuk memanfaatkan RPP tersebut, karena Rumah Pintar Pemilu ini dibuka setiap hari kerja.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Agam Yunilson menambahkan, dengan adanya RPP ini maka masyarakat tidak akan ketertinggalan informasi.

“Saya berharap RPP ini dapat dioptimalkan dalam pemberian informasi dan semoga dimanfaatkan oleh masyarakat,” tambahnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia meminta Rumah Pintar Pemilu yang tersebar di seluruh Tanah Air agar dijadikan sebagai wisata edukasi bagi masyarakat.

Rumah pintar pemilu tidak hanya fokus pada seputar pemilihan kepala daerah, pemilihan legislatif, atau pemilihan presiden, namun juga dapat dijadikan wisata edukasi bagi anak didik terutama pemilih pemula.

Selain membantu dan mendorong pendidikan politik bagi anak didik, hal tersebut juga upaya menanamkan serta membudayakan membaca di kalangan pelajar.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top