Agam

Doktor Indracatri Dianugerahi Satya Lencana Kebaktian Sosial

Lubukbasung, KABA12.com — Kabupaten Agam kembali mendapat pengakuan dari pemerintah pusat. Prestasi dan eksistensi kabupaten Agam betul-betul diperlihatkan dalam berbagai aspek. Tidak hanya dalam bidang pelayanan pemerintahan, tapi juga dalam penanganan masalah-masalah sosial.

Dibutkikan dengan pengakuan terhadap Bupati Agam DR. Indra Catri, Dt. Malako nan Putiah, yang dianugerahi penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial dari Presiden Republik Indonesia (RI), yang diserahkan oleh Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita, saat acara puncak Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial (HKSN) di Gorontalo, Kamis (20/12).

Satya Lencana Kebaktian Sosial adalah tanda kehormatan tertinggi yang diberikan pemerintah sebagai penghargaan kepada warga negara Indonesia atau seseorang yang telah berjasa terhadap perikemanusiaan dan ebrbagai aktivitas sosial lainnya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Agam, Kurniawan Syahputra, mengungkapkan, Bupati Agam dinyatakan berhak mendapat anugerah Satya Lencana Kebaktian Sosial berdasarkan keputusan Presiden Nomor 130/TK/2018, setelah melalui serangkaian verifikasi dan penilaian. Menurutnya, pemberian tanda kehormatan yang diterima bupati karena dinilai berperan aktif dan peduli dibidang kemanusiaan.

Salah satu keunggulan atas indikator penilaian yang dilakukan kepada Bupati Agam yaitu, konsistensi dalam penanganan dan penanggulangan kemiskinan melalui Gerakan Agam Menyemai dan Ikhlas Berzakat.

“Semua itu kita konsep dengan matang sesuai tatanan kemasyarakatan Nagari Madani. Tujuannya untuk mencapai masyarakat yang cerdas, beriman yang kuat, berbadan sehat, dan sejahtera ,” ujarnya.

Dijelaskan Kurniawan Syahputra, program Ikhlas Berzakat terlihat pada kegiatan bantuan beasiswa untuk siswa kurang mampu, pemberian modal usaha kepada fakir miskin, serta bantuan kemanusiaan lainnya untuk para mustahik (penerima zakat) yang sesuai dengan ketentuan syariat Islam.  Selain itu, penunjang lainnya, yaitu dinilai berhasil dalam penanganan masalah strategis, tanggap, cepat dan darurat serta, pembinaan kepada anak terlantar dan penyandang cacat mental.

(Virgo/*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top