Agam

Rawan Bencana, Warga Tiku Selatan Agam Budayakan ‘Siaga’

Tiku Selatan, KABA12.com — Kelompok Forum Pengurangan Risiko Bencana (F-PRB) Nagari Tiku Selatan, Kecamatan Tanjungmutiara, siap membantu masyarakat terutama dalam penanggulangan bencana di nagari khususnya, dan Agam pada umumnya.

Kesiapan itu dinyatakan Sekretaris Nagari Tiku Selatan Herlinda bersama anggota KSB dan Forum PRB Nagari saat membuka pelatihan bagi relawan penanggulangan bencana se-nagari Tiku Selatan, Kamis (13/12) di Aula kantor nagari Tiku Selatan.

“Ucapan terimakasih kepada Tim BPBD Agam yang telah turun bersama, menghimpun anggota KSB nagari dan Forum PRB nagari secara bersama meningkatkan kapasitas kelompok siaga bencana dalam menjalankan program inovasi pengurangan bencana. Semoga budaya siaga bagi masyarakat nagari dan jorong dapat diterapkan,” ujarnya.

Herlinda juga telah mengarahkan relawan penanggulangan bencana agar lebih kreatif dan punya inisiatif.

“KSB diharapkan dapat menyelesaikan insiden bencana secara cepat melalui KSB sebagai mitra BPBD di lapangan,” katanya.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Agam melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan (PK) Yunaidi menyebutkan, peningkatan kapasitas bagi pengurus KSB dan F-PRB nagari bertujuan untuk membangun budaya siaga bencana demi terciptanya kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana sekaligus rencana aksi penerapan terbentuknya tim reaksi cepat penanggulangan bencana.

“Melalui pelatihan dan sosialisasi penanggulangan bencana kita jadikan sebagai bekal pengetahuan dan keterampilan bagi diri sendiri, keluarga dan komunitas. Bila terjadi bencana diharapkan anggota KSB dapat lebih awal mengetahui dan mengambil sikap pelaksanaan penanggulangan bencana. Bila perlu anggota KSB sebagai tim reaksi cepat lebih awal melaksanakan penanganan di lokasi kejadian. Selain itu juga memberikan penanganan penyelamatan saat bencana dan tanggap darurat,” terangnya.

Ketua F-PRB Nagari Tiku Selatan, Bujang Hardiwan menyebutkan pentingnya kesiapsiagaan diri. Untuk itu dia pun mengajak seluruh pihak untuk menanampakn dan meningkatkan budaya siaga ditengah masyarakat.

“Saat ini F-PRB Tiku Selatan telah memiliki beberapa sarana komunikasi pengadaan alat komunikasi HT dan tahun 2018 pihak nagari juga menyiapkan mesin sinsaw dan cangkul,” sebutnya.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top