Kaba Pemko Bukittinggi

Bukittinggi Kembali Gelar Lomba BOMC IV

Bukittinggi, KABA12.com — Pemko Bukittinggi melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) bekerjasama dengan Persatuan Drumband Indonesia (PDBI) kembali akan gelar Lomba Drumband tingkat SD, SLTP, SLTA dan Umum. Kegiatan yang dikenal dengan event Bukittinggi Open Marchingband Competition tersebut akan dilaksanakan dua hari, Sabtu dan Minggu, 15-16 Desember 2018, di halaman Lapangan Wirabraja Kantin, Bukittinggi.

Ketua PDBI Kota Bukittinggi, M. Nur Idris didampingi sejumlah pengurus menjelaskan, perlombaan akbar ini diikuti oleh lebih 37 tim drumband sekolah TK, SD, SMP/MTsN dan SMA/MAN Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam serta drumband dari umum. Ajang ini diadakan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Bukittinggi ke-234 dengan dua mata lomba Street Parade dan Display dengan total hadiah sebesar 30 juta rupiah.

“Kita optimis Lomba Drumband tingkat TK, SD, SMP/MTsN dan SMA/MAN Se-Bukittinggi dan Kabupaten Agam ini akan meriah. Kita juga targetkan, event ini tercatat sebagai kegiatan rutin daerah dalam agenda PBDI Bukittinggi,” ujar M. Nur Idris yang juga anggota DPRD Bukittinggi ini.

Event yang bertajuk Bukittinggi Open Marchingband Competition 2018 berlangsung dua hari, mata lomba Display digelar Sabtu (15/12) dan mata lomba Street Parade dilaksanakan Sabtu (16/12). Lomba ini memperebutkan piala Walikota Bukittinggi, Piala Ketua DPRD, Piala Kapolres, Piala Dandim 0304/Agam, Piala Kadisparpora dan Ketua PDBI Bukittinggi serta bonus uang pembinaan keseluruhan sekitar 30 juta.

Selain mata lomba Display dan Street Parade, dalam lomba kali ini ada juga delapan katagori diperlombakan yakni, tim terbaik, musik analisis hornline, musik analisis percussion, field commander, color guard, mayoret, busana tim dan general efek. Untuk juri didatangkan langsung dari PDBI Pusat Jakarta, Medan, Aceh dan Pekanbaru serta Juri dari Semen Padang yang berjumlah 5 orang.

“Masing-masing kategori akan dinilai juri yang didatangkan langsung dari PDBI Jakarta, Medan, Aceh serta dari Semen Padang, baik untuk tingkat TK, SD (junior) maupun SLTP/SLTA (senior). Juri sengaja di datangkan dari luar untuk menjaga netralitas dan mutu penilaian lomba,” ujar M. Nur Idris.

Disamping memeriahkan HJK ke-234, imbuhnya, lomba juga untuk mengasah kemampuan dan sekaligus untuk pemilihan atlet drum band, nantinya tim yang berhasil menjadi juara akan diikutkan dalam kanca lombah Nasional dan masuk dalam tim Marchingband Pemko Bukittinggi Gita Jam Gadang.

Sementara itu Kabid Pemuda dan Olahraga Ahmad Saimi didampingi Kasi Pemuda Olah Raga Wajidi mengatakan, lomba kali ini merupakan perlombaan keempat yang dilaksanakan oleh pemkot bersama PDBI Bukittinggi. Tahun lalu acara yang sama dilaksanakan mendapat sambutan meriah dari kalangan pelajar, pihak sekolah serta wali murid.

“Untuk pemenang lomba tahun ini akan memperebutkan piala dari Walikota Bukittinggi serta hadiah jutaan rupiah untuk masing-masing katagori. Disamping hadiah diberikan untuk unit band terbaik, juga akan dilombakan katagori field commandre terbaik, colour guard terbaik, music ansamble terbaik, general effect terbaik, display terbaik, percusion line terbaik dan custom terbaik,” terangnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top