Kaba Pemko Bukittinggi

Walikota Upayakan Rehab Jembatan Merah Ngarai

Bukittinggi, KABA12.com — Jembatan Gantuang atau yang lebih dikenal dengan Jembatan Merah yang melintasi Batang Sianok menghubungi kota Bukittinggi dengan Koto Gadang, Kab. Agam,sekaligus bagian dari The Greatwall Of Koto Gadang, kondisinya semakin memprihatinkan. Selain nyaris ambruk, papan lantai jembatan itupun sudah banyak yang lapuk.

Kondisi itu langsung menarik perhatian Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias. Ia terpanggil untuk mencari anggaran perbaikan jembata itu ke pemerintah pusat. Sebab menurut Walikota, jembatan merah itu merupakan satu satunya jembatan yang menghubungkan antara Bukittinggi dengan Koto Gadang. Apalagi jembatan tersebut juga bagian dari The Greatwall Of Koto Gadang yang sudah terrkenal.

“Jadi jembatan itu harus kita perbaiki dan kita pertahankan sebagai jembatan wisata penghubung antara Bukittinggi dan Kota Gadang,” ujar Ramlan.

Walikota juga menyebutkan, dengan telah diterimanya sertifikat Geopark Nasional untuk Ngarai Sianok, tentunya pemko harus siap untuk membenahi cagar alam ini menjadi sebuah objek yang akan dikunjungi para wisatawan. Salah satunya pembenahan Jembatan penghubung antara Bukittinggi dengan Koto Gadang tersebut.

“Untuk perbaikan jembatan merah itu, kami sudah ajukan anggaran ke Pemerintah Pusat sebesar Rp 3,5 Miliar. Mudah mudahan tahun 2019 sudah dapat direalisasikan,” ungkap Ramlan Nurmatias.

Terkait dengan rencana akan membangun Jembatan Kaca seperti yang ada di Negara Cina. Memang diakui, sebagai suatu keinginan daei pihak pemko. Sehingga dengan adanya jembatan Kaca yang melintasi Batang Sianok ,tentu akan menambah daya tarik tersendiri untuk Geopark Ngarai Sianok ini. “Tapi kita lihat nantinya. Harus dipelajari dulu,” pungkasnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top