Agam

Pentingnya Pendidikan Kebencanaan Bagi Siswa

Lubukbasung, KABA12.com — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam terus melakukan sosialisasi dengan memberikan pendidikan dan pelatihan Simulasi Gempa bumi terhadap anak-anak.

Kali ini, Selasa (04/12) tim BPBD mendatangi SD Negeri 14 Balaiahad Lubukbasung.

Kalaksa BPBD Agam diwakili Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan (PK) Yunaidi memberikan latihan simulasi upaya menyelamatkan diri jika gempa bumi datang saat siswa tengah berada di sekolah.

“Para siswa kita latih bagaimana mereka bisa menjaga dan menyelamatkan diri mereka jika terjadi bencana gempa bumi. Salah satu tindakan yang harus mereka lakukan seperti berlindung dibawah meja, melindungi kepala menggunakan tas, dan keluar kelas untuk proses evakuasi,” sampainya.

Kepala SD Negeri 14 Balaiahad Lubukbasung, Amiruddin memberikan apresiasi atas simulasi dan pelatihan yang diberikan Tim BPBD Agam.

Dia menyebutkan pendidikan dan pelatihan kebencanaan seperti ini merupakan pengalaman perdana bagi warga sekolah.

“Baru pertama kali kami mendapat sosialisasi tentang kebencanaan sekaligus simulasi gempabumi ini. Semua antusias, ada sekitar 129 orang siswa, 7 orang guru dan masyarakat sekitar lingkungan sekolah yang ikut berpartisiapasi dalam simulasi ini. Semoga pengalaman ini dapat digunakan warga sekolah, karena ini sangat penting untuk diketahui untuk menyelamatkan diri saat terjadi musibah gempa bumi dan bencana lainnya,” kata Amiruddin.

Kedepan, BPBD Kabupaten Agam masih akan terus mendatangi sekolah-sekolah untum memberikan sosialisasi tentang kebencanaan, memberikan pelatihan, simulasi gempa dan bencana lainnya.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top