Bukittinggi

Imigrasi Kelas II Non TPI Agam Sosialisasi Pencegahan Pekerja Migran Ilegal

Bukittinggi, KABA12.com. —  Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Sumbar, Kantor Imigrasi Kelas II non TPI Agam, melaksanakan sosialisasi pencegahan pekerja migran Indonesia non prosedural,  di Balai Sidang Hatta, Selasa (04/12).

Wistomi Wibowo, selaku ketua pelaksana, menjelaskan, kegiatan ini diiukuti oleh 100 orang peserta, terdiri dari Camat dan lurah se kota Bukittinggi.

Selain itu, juga diundang perwakilan Camat dan Wali Nagari se kabupaten Agam bagian Timur, Disdikbud, Disdukcapil, Diskominfo, Kesbangpol, sejumlah OPD lain serta beberapa perwakilan biro travel umroh.

“Kegiatan ini diadakan karena beberapa waktu terakhir, semakin banyak warga  negara Indonesia di luar negeri yang menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO). Salah satu sebab terjadinya TPPO ini, diawali dengan pengiriman TKI atau kini disebut dengan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang tidak sesuai dengan ketentuan (non prosedural),” jelasnya.

Sementara itu, Yuhelman, Kepala Bidang Lalu lintas Izin Tinggal Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumbar, saat membuka kegiatan itu menyampaikan, pelanggaran oleh PMI non prosedural, biasanya terjadi dengan modus operandi yang dilakukan melalui umroh / haji, magang, berobat, program bursa kerja khusus, ziarah / wisata dan beberapa modus lainnya.

“Ini yang harus kita cegah bersama. Upaya pencegahan harus dilakukan secara pro aktif oleh seluruh UPT dalam bentuk upaya pencegahan terjadinya pengiriman migran Indonesia non prosedural dengan memgintensifkan pemantauan terhadap WNI yang memohon dokumen perjalanan dan yang akan keluar wilayah Indonesia sebagaimana diatur dalam pasal 67  UU tahun 2011 tentang keimigrasian,” paparnya.

Ada beberapa langkah yang harus dilalui atau dimiliki warga, untuk menjadi PMI / TKI yang prosedural. Diantaranya, dengan mendaftarakan diri pada dinas kabupaten kota dengan tidak dipungut biaya, berusia minimal 18 tahun, memiliki dokumen yang sah, KTP, Paspor, Visa kerja yang dikelarlluarkan oleh imograsi, ada perjanjian penempatan PMI dan juga dokumen perjanjian keja serta beberapa dokumen lainnya.

Diharapkan, bagi warga yang berniat untuk menjadi pekerja migran Indonesia, untuk sapat memenuhi persyaratan tersebut sebelum berangkat ke luar negeri.

Informasi lebih lanjut dapat langsung dikomunikasikan dengan pihak kantor imigrasi kelas II non TPI Agam, atau ke dinas perizinan setempat.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top