Agam

Batang Sapan Meluap Tapian Kandih Direndam Banjir

Palembayan, KABA12.com — Dampak curah hujan tinggi di wilayah kabupaten Agam sejak Sabtu (01/12) siang tadi memicu beragam musibah di kabupaten Agam.

Hujan lebat di wilayah kecamatan Palembayan menyebabkan sungai Batang Sapan, Tapian Kandih, nagari Silareh Aia meluap.

Luapan banjir tidak hanya menggenangi permukaan jalan Nasional di Tapian Kandih, tapi juga menyebabkan sekitar 40 rumah penduduk terendam banjit dengan ketinggian rata-rata sekitar 1,5 meter.

Informasi yang diperoleh kaba12.com, dari Putri Handayani, staf Pusdal Ops BPBD Agam, banjir hebat terjadi sekitar pukul 19.00 WIB Sabtu malam.

Banjir tidak hanya merendam pemukiman dan ruas jalan nasional, tapi juga areal perkebunan warga di sekitar kawasan tersebut.

Disebutkan, tim Satgas BPBD Agam bersama jajaran pemerintah kecamatan dan nagari serta unsur Forkopimcam Palembayan sudah turun ke lokasi kejadian untuk membantu korban banjir.

Sebagian warga yang rumahnya terendam banjir sudah dievakuasi ke lokasi yang lebih aman termasuk ke rumah tetangga terdekat,” langkah penanganan darurat sudah dilakukan, terutama mengamankan warga yang rumahnya terendam banjir, saat ini banjir sudah mukai surut,mudah-mudahan curah hujan tidak lagi tinggi, sehingga debit air sungai Batang Sapan kembali normal,” sebut Putri Handayani.

Sementara menurut Kabid. KL BPBD Agam Wahyu Bestari, dampak luapan banjir sungai Batang Sapan di Tapian Kandih dipicu curah hujan tinggi sejak beberapa hari terakhir, puncaknya Sabtu sore, akibat hujan lebat sejak siang,” kita berupaya lakukan langkah-langkah penanganan untuk korban dampak terdampak, terutama rumah yang terendam banjir,” sebutnya.

Informasi yang diperoleh kaba12.com, genangan banjir di ruas jalan nasional sudah mulai surut, namun sebagian rumah warga masih terendam banjir.

JASWIT

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top