Agam

40 Rumah Parah Terendam Banjir. Endapan Lumpur Harus Disemprot

Palembayan, KABA12.com — Dampak banjir luapan sungai Batang Sapan, di Tapian Kandih, nagari Silareh Aia, kecamatan Palembayan hingga malam ini masih terjadi.

Banjir yang merendam setidaknya 60 rumah, dengan 40 rumah cukup parah, sehingga mereka harus mengungsi ke rumah kerabat terdekat, karena ketinggian air yang mengutirkan.

Hingga pukul 21.30 WIB ini, tidak diperoleh informasi adanya korban akibat musibah tersebut, namun warga sebagian sudah dievakuasi dan rumah mereka sudah dikunci mengantisipasi dampak lain.

40 rumah yang cukup parah terendam banjir itu, sipenuhi lumpur setebal 20 cm di mayoritas lantai rumah warga, termasuk banyak material lain yang dihanyutkan sungai besar di Palembayan itu.

Sementata upaya pembersihan dan pembenahan rumah warga yang terdampak banjir direncanakan Minggu besok menggunakan armada pemadam kebakaran untuk menyemprot lumpur yang tebal.

Kabid.KL BPBD Agam Wahyu Bestari menjawab kaba12.com, untuk penanganan rumah warga dan sarana lain yang terdampak banjir dijadualkan Minggu besok, dimana pihaknya sudah berkoordinasi dengan jajaran Satpol PP- Damkar Agam untuk menggunakan armada pemadam kebakaran untuk membersihkan endapan lumpur yang tebal di rumah warga.

” Kita upayakan pembersihan menggunakan mesin penyemprot damkar agar lumpur tebal bisa dikikis,” sebut Wahyu Bestari.

Sementara hingga malam ini, warga waspada di sekitar lokasi banjir, karena curah hujan masih tinggi, karena warga kuatir akan terjadi banjir susulan di wilayah tersebut.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top