Kaba DPRD Bukittinggi

Ketok Palu, APBD 2019 Bukittinggi Sebesar Rp 661,9 Milyar

Bukittinggi, KABA12.com — Anggota DPRD Kota Bukittinggi bersama pemerintah kota, telah menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) APBD Kota Bukittinggi Tahun Anggaran 2019 sebesar Rp 661,9 Milliar.

Persetujuan itu dilakukan setelah fraksi fraksi di DPRD menyampaikan pendapat akhir dalam Sidang Paripurna DPRD yang berlangsung di gedung dewan setempat, Selasa (27/11) lalu.

Pansus DPRD melalui juru bicara Syaiful Effendi mengatakan, awalnya dalam nota hantaran APBD 2019 diestimasikan sebesar Rp 648,6 miliar lebih. Namun setelah dilakukan pembahasan mengalami perubahan yakni mengalami kenaikan menjadi Rp 661,9 miliar lebih, atau naik sebesar Rp 13,3 miliar.

Pendapatan daerah sebesar Rp 661,9 miliar lebih tersebut bersumber dari Pendapatan Asli Daerah Rp 116,5 miliar lebih, dana perimbangan 481,4 miliar lebih, lain lain pendapatan daerah yang sah Rp 63,9 miliar lebih.

“Untuk penalokasian belanja daerah pada ranperda APBD 2019 setelah dilakukan pembahasan, ditetapkan sebesar Rp 790,5 miliar lebih. Belanja terebut terdiri dari belanja tidak langsung sebesar Rp 300,1 miliar, dan belanja langsung Rp 489,9 miliar lebih. Sedangkan untuk pembiayaan daerah sebesar Rp 128, 5 miliar lebih,” jelasnya.

Ketua DPRD Beny Yusrial mengatakan, meski semua fraksi di DPRD memberikan saran dan catatan penting atas Ranperda APBD 2019 tersebut, namun semua fraksi menyetujui Ranperda APBD 2019 ini untuk dijadikan Peraturan daerah (Perda) Kota Bukittinggi, yang dituangkan dalam lembaran daerah.

“Pembahasan Ranperda APBD Bukittinggi 2019 diawali dengan rapat kerja bersama antara Badan Anggaran (Banggar) DPRD dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Bukitinggi. Kami berharap, semua SKPD konsisten dalam menyusun perencanaan yang mengacu pada RKPD dan RPJMD, agar visi dan misi pemerintah daerah dapat terwujud sebagaimana yang diharapkan,” ungkap Beny.

Sementara itu, Walikota Bukittinggi, Irwandi, mengapresiasi upaya Banggar dan Pansus DPRD bersama TAPD kota Bukittinggi yang telah membahas secara maksimal APBD 2019.

“Keberhasllan pelaksanaan APBD tahun anggaran 2019, melalui program dan kegiatan pembangunan yang telah dirumuskan merupakan tanggung jawab kita bersama, dalam melaksanakan amanat yang diberikan kepada kita selaku penyelenggara pemerintah di daerah,” ujar Ramlan.

Selain itu, Wako juga menyampaikan, sesuai surat edaran Direktur Jenderal Perimbangan Kementrian Keungan RI, bahwa terdapat alokasi DAU tambahan yang dimaksudkan guna mendukung pemerintah daerah kabupaten kota yang mempunyai kelurahan, dalam menyediakan pendanaan kelurahan. Namun demikian, pemerintah daerah harus tetap mengalokasikan pendanaan bagi kelurahan dari sumber pendapatan lainnya dalam APBD.

“Pendanaan kelurahan tersebut, diarahkan untuk pembangunan sarana dan prasarana serta pemberdayaan masyarakat,” ulas Walikota.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top