Bukittinggi

DPRD dan Pemko Sahkan APBD & Propemperda 2019 serta 2 Ranperda Lainnya

Bukittinggi, KABA12.com — DPRD bersama Pemko Bukittinggi menyetujui 3 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Bukittinggi, di gedung DPRD Bukittinggi, Selasa (27/11).

Persetujuan 3 Ranperda itu dilakukan setelah fraksi-fraksi DPRD menyampaikan pendapat akhir terhadap 3 ranperda tersebut, Ranperda Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Bukitinggi tahun 2019, Ranperda Retribusi Pelayanan Tera/Tera Ulang, dan Ranperda Retribusi Pengendalian Menara Telekomonikasi.

Dalam rapat paripurna yang digelar, juga dilakukan penandatanganan nota kesepakatan bersama antara DPRD dengan Pemko Bukittinggi, tentang Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Kota Bukittinggi tahun 2019.

Paripurna dipimpin Ketua DPRD Beny Yusrial, didampingi Wakil Ketua Yontrimansyah, dihadiri Wali Kota Ramlan Nurmatias, unsur Forkopimda, Sekda, Asisten, kepala OPD, Camat, Lurah, ninik mamak, bundo kanduang dan undangan lainnya.

Juru bicara DPRD Syaiful Efendi, menyampaikan APBD Bukittinggi 2019 memuat perencanaan yang menyangkut pendapatan daerah, belanja daerah, dan pembiayaan daerah selama satu tahun anggaran. Maksud dan tujuan penyususunan laporan hasil pembahasan Ranperda APBD 2019 adalah sebagai bentuk pertanggung jawaban DPRD yang telah diberi amanah untuk melakukan pembahasan. Laporan ini juga bertujuan agar pemerintah daerah dapat menindaklanjuti renperda ini sebagai bagian dari proses pembentukan Perda Kota Bukittinggi.

Selain itu, Asri Bakar ketika menyampaikan laporan hasil pembahasan Ranperda Retribusi Pelayanan Tera/Tera Ulang menyebutkan, dalam upaya mewujudkan good governance salah satunya adalah menciptakan tertib ukur khususnya dibidang alat alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlangkapannya (UTTP), yang merupakan salah satu komponen penting dalam menunjang sektor industri dan perdagangan.

Uneva Harianto ketika menyampaikan laporan hasil pembahasan ranperda tentang retribusi pengendalian menara telekomunikasi.

Dijelaskan, pembahasan ranperda dilakukan dengan menggelar rapat bersama perangkat daerah pengusul ranperda. Disamping itu juga dilakukan studi banding keluar provinsi yakni ke Dinas Komonikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Yogyakarta dan DKI.

Kemudian studi banding ke Diskominfo Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kota Payakumbuh.

Terkait dengan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Kota Bukittinggi tahun 2019, juru bicara DPRD Ibnu Azis mengatakan, dari 22 usulan ranperda yang berasal dari pemerintah daerah dan 11 usulan ranperda yang berasal dari inisiatif DPRD, maka disepakati Propemperda Kota Bukittinggi untuk 2019 mendatang berjumlah 22 buah.

“Dari 22 buah Propemperda yang akan dibahas pada 2019 itu, 4 ranperda diantaranya merupakan inisiatiaf DPRD, seperti ranperda Diusabilitas, Ranperda Kepemudaan, Ranperda Hak Protokoler Pimpinan dan Anggota DPRD, serta Ranperda Pengelolaan Dana Bergulir,” kata Ibnu Azis.

Ketua DPRD Bukittinggi, Beny Yusrial menyampaikan, Propemperda Bukittinggi 2019 dan Ranperda APBD 2019 telah disusun berdasarkan pada program prioritas dalam dokumen perubahan RPJMD Bukittinggi tahun 2016-2021. Diharapkan melalui perencanaan pembentukan Perda yang baik, akan dapat direncanakan dan diimplementasikan APBD 2019 dengan akuntabel dan tepat sasaran.

“Kami berharap keberadaan ranperda tentang restribusi pelayanan tera dan tera ulang, serta restribusi pengendalian menara telekomonikasi di Bukittinggi, dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat serta dapat menambah sumber PAD baru di Kota Bukittinggi,” ujar Beny Yusrial.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, menyampaikan terimakasih dan memberi apresiasi yang tinggi atas upaya DPRD yang telah melakukan pembahasan terhadap 3 ranperda, serta menyusun Propemperda Bukitingi 2019.

“Semoga apa yang telah dituangkan dalam Propemperda 2019, dapat kita wujudkan bersama nantinya,” kata Ramlan.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top