Agam

Tim Buser Polres Agam Ringkus Pencuri Ternak di Palembayan

Lubukbasung, KABA12.com — Petugas Reskrim dan Intel Polsek Palembayan, Kabupaten Agam, berhasil mengungkap kasus pencurian ternak kerbau dan sapi yang meresahkan warga setempat, Selasa (20/11).

Kapolres Agam melalui Kasat Reskrim, Iptu. M. Reza mengungkapkan, pelaku, E (32) warga Padang Koto Marapak, Salarehaia, Palembayan berhasil ditangkap setelah mencoba kabur saat dihadang petugas kepolisian.

“Kapolsek Palembayan bersama timnya melakukan penghadangan terhadap terduga pelaku yang keberadaannya sedang dalam perjalanan dari Padang ke Palembayan. Ditengah penghadangan tersangka sempat melarikan diri ke arah Gumarang, Palembayan menggunakan mobil jenis suzuki APV. Namun, anggota berhasil menghadang laju mobil di daerah Simpang Limau Abuang, Nagari Tigo Koto Silungkang, Kecamatan Palembayan sekira pukul 01.00 WIB,” ujarnya.

Dikatakan, tertangkapnya E, berawal dari laporan Marwal Jamal (49) warga Sawah Panjang Jorong Gumarang I, Nagari Salarehaia yang melapor dua ekor kerbau miliknya dicuri.

“Berdasarkan hasil lidik dari personil Reskrim dan Intel Polsek Palembayan diperoleh informasi bahwa tersangka E telah biasa melakukan pencurian ternak di wilayah hukum Polsek Palembayan.

Dari informasi tersebut anggota Polsek Palembayan melakukan penghadangan terhadap terduga dan akhirnya tertangkap,” katanya.

Kasat Reskrim, Iptu. M. Reza menjelaskan, dari hasil pengembagan yang dilakukan petugas terhadap pelaku didapatkan pengakuan dan fakta aksi penculikan tersebut telah dilancarkan dibeberapa lokasi.

Diantaranya seperti, wilayah Gumarang Palembayan ada 2 ekor kerbau yang dilakukan pada 14 November 2018 lalu, kemudian di daerah Sikabau Palembayan ada 2 ekor sapi yang dilakukan pada 22 Oktober 2018.

Setelah itu pencurian satu ekor kerbau di Padang Koto Marapak, satu ekor kerbau lagi di Lagan Padang Koto Marapak, Palembayan, serta dua ekor sapi di Puduang, Ampeknagari.

“Aksi tersebut tidak dilakukannya sendiri, ada beberapa orang tersangka lainnya yang kini masih dalam pencarian,” jelasnya.

Dari tangan tersangka, petugas kepolisian menyita barang bukti berupa tali kekang kerbau, 1 unit Mobil jenis suzuki APV, dan uang diduga hasil penjualan sebanyak RP. 2.750.000,-.

Iptu. M. Reza meyebutkan modus tersangka dalam melakukan pencurian ternak adalah dengan membius kerbau atau sapi.

Setelah tumbang kerbau atau sapi dieksekusi dengan dipotong 2 sampai 3 bagian lalu dimasukkan karung dan diangkut ke mobil. Selanjutnya kerbau atau sapi hasil curian dijual ke penadah di Padang.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 363 (1e) tentang pencurian ternak dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

Saat ini, tersangka dan barang bukti diamankan ke Mapolres Agam guna penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut.

Upaya yang dilakukan petugas kepolisian mendapat respon positif masyarakat Palembayan, Ketua Organisasi GPPKP, Rusman Hakim memberikan apresiasi atas kerja keras penegak hukum mengungkap kasus pencurian ternak yang selama ini telah meresahkan warga setempat.

“Sangat beterimakasih kepada penegak hukum Polsek Palembayan dan jajaran sudah bekerja keras menangkap pelaku pencurian ternak warga,” ungkapnya.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top