Agam

Saung Objek Wisata Banto Royo Ambruk, Diduga Kelebihan Muatan

Tilatangkamang, KABA12.com — Sekitar 20 orang pengunjung tercebur ke dalam air akibat saung (pondok) yang ada dikawasan objek wisata Banto Royo di Tilatangkamang, Kabupaten Agam ambruk, Selasa (20/11) siang. Saung diduga ambruk lantaran kelebihan muatan (overload).

Wakil I Manajemen objek wisata Banto Royo, Adri Aranta pada KABA12.com mengatakan, saat kejadian saung yang bekapasitas untuk 8 orang itu diisi sekitar 20 orang. Sehingga mengakibatkan lantai saung tersebut patah dan ambruk.

“Tadi kondisinya hujan deras, jadi pengunjung banyak berteduh di saung, sehingga saung melebihi kapasitas, karena dinaiki sekitar 20 orang, jadi lantainya patah,” ujarnya.

Dia mengatakan, beruntung seluruh pengunjung yang tercebur ke dalam air itu selamat, karena petugas yang berjaga di lokasi berupaya semaksimal mungkin melakukan aksi pertolongan, “Alhamduillah seluruh pengunjung aman terkendali, ada beberapa yang luka dan terkilir langsung diobati, kita pun juga telah meminta maaaf kepada pengunjung, sehingga pengunjung tidak ada yang komplein,” katanya.

Sejak insiden tersebut, objek wisata Banto Royo itu ditutup untuk sementara waktu, sembari pihak manajemen melakukan upaya perbaikan.

“Sejak insiden siang tadi kawasan langsung kita tutup. Saat ini manajerial tengah lakukan evaluasi. Sebagai antisipasi saung yang ada akan ditambah penyangganya,” kata Adri Aranta.

Sementara itu, salah seorang korban, Widya (23) asal Payakumbuh mengatakan, dirinya bersama pengunjung yang lain pergi ke saung untuk berteduh karena saat kejadian tengah hujan lebat.

“Awalnya di pondok ada delapan orang, namun karena hujan, pengunjung yang lain juga ikut berteduh, kurang lebih sekitar 15 orang. Jadi mungkin karena kelebihan muatan pondok itu ambruk dan semuanya tercebur ke air yang lumayan cukup dalam, sehingga proses untuk keluar dari dalam air yang dibantu petugas disana juga lumayan lama,” ujar wanita yang tengah hamil itu.

Disisi lain, Camat Tilatangkamang, Ade Harlien turut prihatin atas insiden tersebut. Dia berharap pihak manajemen dapat segera memperbaiki sehingga kejadian seperti itu tidak terulang lagi.

“Kita mengingatkan manajemen agar lebih hati-hati, dari segi peralatan perlu diperhatikan secara periodik., sehingga tidak ada lagi kejadian seperti itu. Beruntung tadi tidak ada cedera berat, Alhamdulillah. Kita minta jangan sampai hal ini terjadi lagi,” harap Camat.

Sejak dilaunching pada 28 Oktober 2018 lalu, objek wisata Banto Royo memang kebanjiran pengunjung. Karena kawasan wisata baru tersebut memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

(Jaswit)

6 Comments

6 Comments

  1. Feryan

    20 November 2018 at 23:04

    Maksimal kan lah semua biar aman. Cuaca kita gak bs tau. Sediakan lah tmpt berteduh kalau hujan
    Kasihan pengunjung hujan2 nan panas2 san
    Kalau bs ide dri saya di pertimbangkan. Sprti tmpt2 wisata di daerah lain
    .ada tmpt berteduh nya kalau hujam dtg tiba2

  2. Penulisti

    20 November 2018 at 23:56

    Pak.. Klo saya tidak salah.
    Banto royo memang di kamang..tp bukan tilatang kamang
    . Kamang bukan cuma tilatang pak.banto royo klo g salah itu kamang mudik.. Itu klo saya gak salah..soalny saya asli tilatang kamang

  3. Rukly

    21 November 2018 at 02:01

    Harus diusut tuh.. Seperti apa SOP dan pengawasan sepertinya ada kelalaian tuh, pihak terkait harus turun tangan, belum lg dampak macet yang mengakibatkan daerah sekitar tidak bisa beraktifitas, bagaimana kalo warga yg diperkampungan sonsang dlm keadaan darurat? Jangan seenak nya aja tong

  4. Dewi

    21 November 2018 at 07:10

    Safety jembatannya juga kurang.
    Kalau bisa pasang pagar pada jembatannya.
    Jangan sampai kejadian ada anak terjatuh.

  5. Tika

    25 November 2018 at 20:01

    Klo bisa usul..pengaman u t4 berjalan di atas air di tambah…soalnya tidak ada habat kiri kanan…klo bawa anak..takut kecebur..trus ada temen kemaren ksana..liat anak temennya tersenggol pengunjung lain…hampir kecebur..sgt berbahaya…

  6. Fatma

    27 November 2018 at 09:01

    pengamanannnya lebih d tingkatkan dan apakah objek wisata ini sudah izin nya?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top