Bukittinggi

Jusra Adek : Dana Pokir Harus Dimanfaatkan Untuk Kepentingan Masyarakat

Bukittinggi, KABA12.com — Anggota DPRD Bukittinggi, Jusra Adek mengadakan reses perseorangan pada masa sidang III tahun anggaran 2018. Reses dilaksanakan di balai pemuda RW 05 Talao, kelurahan Guguak Bulek, kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Minggu (18/11).

Inyiak Angku Parpatiah, Tokoh Masyarakat Talao menyampaikan, terima kasih atas perhatian Jusra Adek tehadap daerah Talao, umumnya di kelurahan Camapago Guguak Bulek dan kecamatan MKS. “Kami juga berterima kasih kepada Jusra Adek yang membuka kesempatan bagi warga Talao untuk menyampaikan aspirasi dan kami harapkan untuk dapat direalisasikan kedepannya,” ungkapnya.

Camat MKS, Emil Achir, menyampaikan, Talao merupakan daerah yang cukup istimewa. Banyak prestasi yang diraih daerah Talao kelurahan Guguak Bulek ini. “Diantaranya, dasawisma terbaik di Sumatera Barat dan akan menuju Nasional dalam program Halaman Asri Tertib dan Indah (HATI PKK) dan juga menjadi Kampung Toga dan akrupeisur. Untuk itu tentu diharapkan bantuan dari DPRD untuk membantu meningkatkan sarana dan prasarana, untuk menata lingkungan dalam menambah keasrian daerah serta dalam menyambut penilaian itu,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Bukittinggi, Jusra Adek, menjelaskan, reses merupakan kewajiban bagi anggota dewan sebagai wakil rakyat. Tujuannya, menyampaikan program pemerintah daerah dan juga kegiatan yang diupayakan oleh DPRD yang berasal dari asprirasi warga.

“Kemudian, reses juga dilaksanakan untuk kembali menjaring aspirasi masyarakat. Aspirasi ini nantinya akan kita perjuangkan di DPRD dan dikoordinasikan dengan pemerintah daerah,” ungkap Jusra Adek.

Lebih lanjut, Jusra Adek juga memaparkan bahwa setiap anggota dewan juga telah dianggarkan dana pokok pikiran atau yang sebelumnya disebut dana aspirasi melalui APBD. Untuk DPRD Bukittinggi setiap tahun meningkat, tahun 2017 Rp 400 juta, tahun 2018 Rp 700 juta dan tahin 2019 mendatang sekitar Rp 800 juta.

“Kami telah anggarkan sejumlah kegiatan melalui dana pokir. Dari dana itu sejumlah kegiatan atau pembangunan yang tidak tertampung melalui muarenbang, dapat kita realisasikan. Sehingga memang prinsipinya, dana pokir harus dimanfaatkan untuk masyarakat, yang disampaikan sebelumnya melalui reses setiap anggota dewan,” jelasnya.

Jusra Adek menjelaskan, sejak tahun 2016 lalu, telah banyak kegiatan yang telah dilaksanakan melalui dana pokirnya. Seperti, pengecoran jalan di Garegeh, rehab Masjid Baiturrahman Banto Darano, pengadaan alat drumband SD 04 Garegeh, pembangunan banda nagari Banto Darano, pembuatan gobah Masjid Al Furqan dan sejumlah kegiatan lainnya.

“Untuk 2019, juga telah dianggarkan melalui dana pokir, pembuatan jalan Ateh Banda, pengadaan mobil ambulance yang bisa dimanfaatkan untuk warga. Kami masih akan serap aspirasi warga melalui reses ini, namun diharapkan aspirasi tersebut mweupakan kebutuhan bukan keinginan,” ujar politisi Golkar itu.

Dalam reses Jusra Adek, yang dihadiri ratusan warga itu disampaikan sejumlah aspirasi warga Talao. Diantaranya, pembuatan gapura Talao, pembuatan plang Asmaul Husna dan sejumlah aspirasi lainnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top