Agam

Bawa Kayu Illegal, Tiga Warga Pasaman Ditangkap Polres Agam

Lubukbasung, KABA12.com — Tiga warga Nagari Binjai Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, harus berurusan dengan pihak kepolisian Resor Agam, lantaran tidak dapat menunjukkan dokumen kepemilikan kayu-kayu yang diangkutnya, saat melewati wilayah Palembayan Kabupaten Agam, Minggu (18/11).

Kapolres Agam melalui Kasat Reskrim Iptu. M. Reza mengungkapkan, ketiga tersangka, P (30), B (43) dan IN (45) ditangkap saat patroli petugas di Jalan Padang Koto Gadang, Kecamatan Palembayan, sekira pukul 06.30 WIB. Dimana telah terjadi dugaan tindak pidana memuat, membongkar, mengeluarkan, mengangkut, menguasai, dan atau memiliki hasil penebangan kayu dikawasan hutan tanpa izin yang dilakukan oleh ketiga warga Pasaman itu.

“Kita mendapat informasi dari BKSDA ada masyarakat yang melaporkan, ada orang yang membawa kayu tanpa izin. Kemudian petugas langsung melakukan patroli dan menemukan ketiga tersangka itu, yang tengah mengangkut kayu sebanyak 2,5 kubik menggunakan mobil Colt Diesel warna kuning No. Pol : BA 9129 VA,” ungkap Kasat Reskrim Polres Agam pada KABA12.com.

Mendapati temuan itu, dan ketiga tersangka juga tidak dapat memperlihatkan dokumen/bukti kepemilikan kayu tersebut, P, B dan IN beserta barang bukti langsung diamankan di Mapolres Agam.

Dari hasil pemeriksaan, para tersangka mengaku kayu yang diangkutnya itu dibawa dari Pasaman dan akan dibawa ke Pariaman.

“Kayunya dari hutan di Pasaman, dan akan dibawa ke Pariaman. Saat ditanya legalitas kayu yang bersangkutan tidak bisa menjawab,” kata Iptu. M. Reza.

Saat ini P, B dan IN, bersama barang bukti telah ditahan di Mapolres Agam. Atas perbuatannya, ketiga tersangka dikenakan pasal 88 ayat (1) huruf a Jo Pasal 16 UU No. 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan Jo Pasal 55 KUHP atau pasal 83 ayat (1) huruf b Jo pasal 12 huruf e undang undang No. 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan Jo Pasal 55 KUHP dengan ancaman 5 tahun penjara.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top