Kaba Terkini

Najwa Shihab Dorong Generasi Milenial Tanahdatar Tingkatkan Minat Baca

Tanahdatar, KABA12.com — Dalam lawatannya ke Tanahdatar, Provinsi Sumatera Barat, Jurnalis sekaligus Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab, memberi sejumlah tips kepada generasi muda dan ASN yang ada di Luhak Nan Tuo itu tentang bagaimana meningkatkan minat baca.

Pada kegiatan yang dikemas dalam bentuk talkshow yang digelar di aula kantor Bupati Tanahdatar di Pagaruyung, Senin (12/11), Najwa Shihab menyebutkan membaca membutuhkan keterampilan yang perlu dilatih, karena manusia memiliki insting bahasa.

“Apabila keterampilan tersebut terus dilatih, maka akan meningkatkan daya tahan otak untuk dpat menerima informasi. Oleh karea itu, membaca perlu dijadikan sebagai rutinitas sehari-hari, karena membaca adalah obat dari segala penyakit,” ujarnya.

Presenter yang akrab disapa Nana itu juga menyebutkan untuk tidak membebani diri dengan buku bacaan yang tebal, namun bacalah buku yang benar-benar disukai, “jangan membebankan diri dengan membaca buku yang tebal dan lebih kepada kesukaan,” sebutnya.

Putri kedua KH. Quraish Shihab itu juga menceritakan kesukaannya pada membaca sudah ditanam dalam kebiasaan keluarganya yang mayoritas kutu buku. Najwa pun bercerita perjalanan dia sampai akhirnya bisa menjadi jurnalis di televisi, memiliki program sendiri, Mata Najwa, dan kini memiliki jaringan televisi sendiri yakni Narasi TV.

Penerima Anugerah Konstitusi Muhammad Yamin ke-3 Kategori Pembawa acara bertajuk konstitusi itu juga mengajak masyarakat Tanahdatar, khususnya generasi muda milenial untuk dapat menggunakan teknologi secara positif.

“Tidak seorangpun yang akan tahu apa yang akan terjadi dalam waktu 20 tahun mendatang. Dunia akan berubah dengan cepat dan jika tidak mengikuti perubahan maka kita akan tertinggal dan selesai,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Duta Baca Tanahdatar Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi menyebutkan selaku duta baca kabupaten, Ia juga telah menghimbau PKK Nagari untuk memiliki pojok baca. Tidak hanya itu, dia juga tengah mengupayakan bagaimana lansia yang ada di rumah singgah Nagari Sumaniak juga gemar membaca, karena dengan membaca juga dapat mencegah kepikunan.

Sementara, Wakil Bupati Tanahdatar Zuldafri Darma mengucapkan terimakasih kepada Najwa Shihab karena telah meluangkan waktu untuk memotivasi kaum millennial, penggerak litetasi dan seluruh unsur pemerintahan di Kabupaten Tanahdatar.

“Untuk mendukung literasi di Tanahdatar kita juga mengajak jajaran pemerintah daerah, jika mengadakan perjalanan ke luar daerah, agar dapat berkontribusi minimal satu buah buku bagi perpustakaan yang ada di Tanahdatar,” sebut Wabup.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top