Agam

40 KUBE PKH Di Agam Dapat Bantuan Kemensos RI

Lubukbasung, KABA12.com — Dinas Sosial Kabupaten Agam menyatakan sebanyak 40 Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan (KUBE PKH) mendapatkan bantuan dana dari Pemerintah Pusat di tahun 2018 ini.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Agam, Kurniawan Syahputra mengatakan, bantuan KUBE PKH sendiri berasal dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) dan sasarannya lebih difokuskan pada komponen Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) penerima PKH yang telah membentuk KUBE.

“Pada tahun ini kita mendapat program dari Kemensos, akhir tahun dikucurkan dana untuk 40 KUBE PKH yang ada di empat kecamatan. Masing-masing kecamatan terdapat 10 kelompok dengan bantuan diterima sebesar Rp.20 juta,” ujarnya pada KABA12.com di Lubukbasung.

Dijelaskan, keempat kecamatan itu yaitunya, Lubukbasung, Tanjungmutiara, Ampeknagari dan Canduang. Dimana satu kelompok beranggotakan 10 orang dan masing-masing KUBE mendapat bantuan Rp. 20 juta, dengan jenis usaha dibidang konfeksi, pertanian dan peternakan.

Menurutnya, bantuan KUBE PKH ini dinilai sangatlah tepat sasaran, karena langsung menyentuh warga miskin. Kemudian RTSM penerima bantuan PKH bukan hanya menerima bantuan dana tunai bersyarat saja, akan tetapi dapat mengembangkan usaha kemandirian dikemudian hari.

“Bantuan pusat yang disalurkan tersebut diharapkan dapat meningkatkan penghasilan masyarakat dalam menanggulangi kemiskinan. Diharapkan kelompok penerima bantuan memiliki inovasi dan inisiatif, paling tidak, untuk anggota kelompok tersebut bisa menjadi sejahtera.” katanya.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top