Agam

130 Siswa SMAN 3 Lubukbasung Gelar Pra UNBK

Manggopoh, KABA12.com — Selama enam hari kedepan, mulai 12 hingga 17 November 2018 seluruh siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Provinsi Sumatera Barat serentak melaksanakan Pra Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), tak terkecuali SMA Negeri 3 Lubukbasung Kabupaten Agam.

Pantauan KABA12.com di SMAN 3 Lubukbasung pada ujian sesi pertama, Senin, (12/11) Pra UNBK berjalan dengan aman dan lancar.

“Alhamdulillah ujian tadi aman dan lancar, tidak ada kendala. Ada 50 soal yang dikerjakan dalam waktu dua jam.  Proses ujiannya gampang karena tinggal meng-klik saja, namun soal ujiannya yang sulit,” ungkap Fajri Erma Yogi siswa kelas XII IPS1 itu pada KABA12.com usai melaksanakan ujian.

Hal serupa diungkapkan peserta ujian lainnya, Maharani Putri, yang mengaku gugup saat pelaksanaan ujian, “saya tadi awalnya gugup, karena baru pertama kali ujian menggunakan komputer, namun Alhamdullillah tadi ujiannya berjalan lancar,” ujarnya.

Sementara, Kepala SMA Negeri 3 Lubukbasung Kabupaten Agam, Drs. Wendrizal, M.MPd mengatakan secara teknis pelaksanaan Pra UNBK tahun ajaran 2018-2019 ini masih sama dengan ujian tahun sebelumnya. Hanya saja jumlah siswa kelas XII tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya, sehigga harus menambah satu labor komputer sementara untuk mendukung proses UNBK.

“Tahun lalu siswa kita 122 orang, sekarang lebih banyak jumlahnya ada 130 orang yang terdiri dari 44 orang jurusan IPA dan 86 orang siswa jurusan IPS. Mereka kita bagi dalam dua labor, 35 anak di labor 1 dan 30 anak di labor 2 dengan pelaksanaan dua sesi ujian,” katanya.

Wendrizal menyebutkan, untuk lancarnya pelaksanaan Pra UNBK tersebut pihaknya telah menyurati PLN untuk mengamankan aliran listrik agar tidak terjadi pemadam saat ujian berlangsung.

Sementara untuk jaringan internet, pihaknya memberi solusi dengan memberikan waktu lebih kepada siswa untuk melaksanakan ujian.

“Kalau ada masalah koneksi internet ujian kita hentikan, aplikasi otomatis akan langsung tersimpan pada saat itu, dan ujian bisa dilanjutkan lagi saat koneksi sudah baik dan lancar. Kita beri waktu kepada siswa hingga pukul 8 malam jika benar ada gangguan jaringan, jika tidak siswa tersebut dapat ujian pada jadwal ujian susulan pada minggu depan, 19 sampai 22 November,” jelasnya.

Ia menambahkan, sebelum pelaksanaan Pra UNBK ini pihaknya terlebih dahulu telah mensosialisasikan kepada siswa tentang mekanisme dan tata cara UNBK secara rinci, serta mengarahkan siswa untuk menganggap Pra UNBK ini benar-benar ujian nasional, karena hasilnya nanti akan dievaluasi.

“Jadi dari evaluasi hasil Pra UNBK ini nantinya kita akan melihat dimana kompetensi anak yang harus kita genjot melalui program-program sukses UN yang telah dirancang pihak sekolah,” sebut Kepala SMA Negeri 3 Lubukbasung itu.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top