alterntif text

Agam

Distan Agam Akan Luncurkan Matur Agriculture and Husbandry Technopark

Lubukbasung, KABA12.com — Dinas Pertanian Kabupaten Agam pada awal tahun 2019 akan melaunching Matur Agriculture and Husbandry Technopark.

Matur Agriculture and Husbandry Technopark adalah sentra teknologi pertanian tanaman pangan hortikultura, perkebunan dan peternakan yang dipadukan dalam suatu kawasan terpadu dan terintegrasi.

“Dasar pemikirannya karena Matur merupakan salah satu kecamatan di Agam yang memiliki sentra ekonomi yang lengkap, maka atas kesepakatan dengan para penyuluh kita menunjuk Matur sebagai daerah Agriculture and Husbandry Technopark,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Isman Imran, saat dikonfirmasikan, Sabtu (10/11) di Lubuk Basung.

Isman mengatakan, Matur Agriculture and Husbandry Technopark sebuah konsep menjadikan Matur sebagai kawasan terpadu yang mengelola pertanian, perkebunan, peternakan dan pariwisata secara berkelanjutan, sehingga menjadi pusat riset dan pelatihan dengan aliran informasi dan teknologi secara efisien dan cepat.

Secara topografi, Kecamatan Matur memiliki wilayah berbukit sebesar 41.38 prsen dari luas total kecamatan.

Sementara itu, potensi tanaman pangan dan hortikultura Matur juga memiliki areal sawah seluas 1425,15 hektar dengan produksi mencapai 13668 ton GKP-6854 ton beras, pengembangan sayuran, pengembangan pengolahan labu, buahan jeruk dan pengembangan kacang tanah.

Pada aspek peternakan juga memiliki potensi sentra pembibitan sapi PO, sentra pemasaran ternak Agam wilayah Timur dan sentra integrasi ternak dan kebun rakyat. “Matur juga potensi sebagai daerah pusat pengembangan tebu rakyat, kopi arabica dan pengolahan yang menjadi andalan dari sektor perkebunan yang didukung oleh objek wisata yang menjadi destinasi unggulan pariwisata di Sumbar.

“Subtansinya gagasan ini, kita mengajak para generasi muda untuk bertani. Bagaimana kita mewujudkan pertanian yang berkelanjutan, kalau tidak ada regenerasi ke depannya. Maka dalam membangun konsep ini, kita melibatkan para sarjana-sarjana muda pertanian,” ujar Isman.

Lebih lanjut, Isman menuturkan, saat ini program yang digagasnya masih sedang penyempurnaan untuk pembuatan masterplan.

“Alhamdulillah, banyak yang tertarik atas konsep yang kita buat ini. Para guru besar Unand juga merespon dan meminta untuk mempresentasikannya. Harapan kita, konsep ini finis sampai akhir desember ini,” tuturnya.
(Virgo/*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top