Kaba Terkini

Pemkab Agam Gunakan Aplikasi E-Monev Monitor Serapan APBD Secara “Real Time”

Lubukbasung, KABA12.com — Badan Keuangan Daerah Kabupaten (Bakeuda) Agam luncurkan aplikasi E-Monev APBD yang terkoneksi dengan internet.

Aplikasi tersebut sengaja dibentuk guna mempermudah pimpinan pemerintah daerah setempat beserta kepala OPD untuk memonitor serapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah secara real time (nyata).

Kepala Bakeuda Agam, Hendri G mengatakan aplikasi tersebut memiliki 11 fitur menu pilihan diantaranya seperti, belanja program OPD, realisas retribusi, realisasi SPPD online, realisasi belanja OPD, rangking realisasi tertinggi, belanja langsung se-Agam.

“Jadi disana bisa dilihat secara real time berapa serapan anggaran OPD, anggaran per program, anggaran per kegiatan termasuk rekening belanja, tanpa harus menunggu laporan dari staf di kantor, ” ungkapnya pada KABA12.com, Jumat, (09/11).

Dikatakan Hendri, aplikasi tersebut dapat diakses langsung pimpinan daerah serta masing-masing kepala OPD baik itu lewat smartphone/android ataupun lewat tampilan monitor yang dipasang diruang kerja. Untuk dapat mengakses aplikasi tersebut, pimpinan ataupun kepala OPD diberi username dan password tersendiri.

“Jadi selain bisa dilihat lewat android, aplikasi tersebut juga bisa diakses lewat monitor dan itu sudah dipasang di ruang kerja pimpinan daerah. Sehingga realisasi dari setiap DPA dapat dimonitor,” katanya.

Lebih lanjut dia menybutkan, selain dapat memonitor realisasi serapan APBD, pimpinan daerah juga dapat langsung mengkoreksi ataupun menegur setiap fitur yang muncul dari aplikasi E-Monev APBD Pemkab Agam lewat menu chat yang ada di aplikasi.

“Jadi chat/pesan yang dikirim pimpinan, apakah itu Bupati, Wabup, Sekda, ataupun Asisten langsung terkirim masuk ke masing-masing akun kepala OPD,” jelasnya.

Kepala Bakeuda Agam itu menambahkan, selain menerapkan aplikasi E-Monev APBD, pihaknya juga akan menerapkan SMS Gateway yang dapat berinteraksi langsung lewat pesan singkat ke handphone.

“Untuk aplikasi E-Monev APBD masih dalam tahap penyempurnaan, namun saat ini telah bisa diakses, awal tahun aplikasi ini sudah dapat digunakan secara maksimal, begitupun dengan SMS Gateway,” harapnya.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top