Kaba Pemko Bukittinggi

KPU Bukittinggi Temukan 1655 Data Ganda

Bukittinggi, KABA12.com — KPU Bukittinggi temukan 1655 data pemilih yang terindikasi ganda. Jumlah tersebut terindikasi dari sejumlah sistem yang dijalankan oleh partai politik, bawaslu dan juga KPU sendiri melalui sistem informasi data pemilih.

Ketua KPU Bukittinggi, Benny Aziz, mengakui, pemutakhiran data telah dilaksanakan beberapa kali. Namun karena data itu bersifat dinamis, maka sesuai aturan yang ada, dilakukan sinkronisasi ulang.

“Secara nasioanl, KPU melaksanakan gerakan melindungi hak pilih dari tanggal 1 hingga 28 Oktober. Dimana masyarakat yang telah memiliki hak pilih, dihimbau untuk mengecek terdaftar atau tidaknya di TPS sebagai pemilih pada pemilu 17 April 2019 mendatang,” ujarnya.

Setelah ditemukan data yang terindikasi ganda, KPU kembali melakukan verifikasi faktual secara berjenjang. KPU faktualisasi per kecamatan melalui PPK dan nantinya PPK menyampaikan data dan verifikasi kembali ke masing-masing PPS.

“Apalah benar itu ganda atau seseorang yang kembar. Karena hal itu memang ditemukan di Bukittinggi. Ada beberapa yang berbeda satu angka atau satu huruf dipenamaannya. Ada juga ditemukan dalam tahapan pmutakhiran data pemilih, terdapat warga yang pindah alamat, namun tidak melaporkan kepindahannya. Ini juga menjadi salah satu indikator penyebab data ganda,” jelas Benny.

Ketua KPU Bukittinggi menambahkan, dalam beberapa hari ini KPU telah menyelesaikan persoalan data ganda tersebut.

“Seluruhnya kembali diisinkronisasikan, tim telah bekerja maksimal. Daftar pemilih tetap hasil perbaikan kedua akan segera diumumkan dalam waktu dekat,” jelasnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top