Pariwara Pemko Bukittinggi

Bukittinggi Sukses Gelar Grand Opening dan Grand Start TdS 2018

Bukittinggi, KABA12.com — Kota Bukittinggi dipercaya sebagai kota penyelenggara grand start Tour de Singkarak 2018, yang dilaksanakan di Lapangan Wirabraja, Minggu (04/11). Malam sebelum start etape I dilepas, Bukittinggi juga dibanjiri ribuan masyarakat yang menyaksikan langsung kemeriahan Grand Opening Tour de Singkarak 2018.

Grand Start Tour de Singkarak 2018, memang berlangsung meriah. Antusiasme masyarakat sangat mendukung kesuksesan pelaksanaan start etape I, event Internasional yang sudah memasuki usia 10 tahun. Pebalap Tour de Singkarak 2018 melewati 8 etape di 16 kabupaten kota yang ada di Sumatera Barat dari tanggal 4 hingga 11 November 2018.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga kota Bukittinggi, menjelaskan, sesuai race manual yang diberikan, event TdS 2018 ini diikuti 194 pebalap dari 26 negara. Diantaranya, Australia, Malaysia, Jerman, Thailand, China, Korea, Laos, Philipina, Iran, Indonesia, Vietnam, Perancis, Belanda, Kanada, Kamboja dan Jepang.

“Sebelum start pukul 10.00 WIB, masyarakat dan tamu undangan kita hibur dengan sejumlah pertunjukan seni tradisi, Tambua Tansa, Silek, Tari Piriang. Selain itu, kita tampilkan atraksi dari genetasi muda yang hobi dan masuk dalam komunitas Skate Board, parkour, sepatu roda Bukittinggi,” jelasnya.

Erwin Umar menambahkan, sebelum Grand Opening dan Grand Start TdS 2018, pemerintah kota Bukittinggi juga telah melaksanakan serangkaian kegaiatan. Diantaranya, Fun Bike pada hari Minggu (28/10), TdS Idol 2018 untuk seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Bukittinggi pada Rabu (31/10). Band Performa di lapangan Wirabraja, Jumat (02/11) diadakan pertunjukan yang dimulai pukul 14.00 WIB, menghadirkan Band-Band Lokal Sumatera Barat, seperti, SKA & Deva Band, D’Muaros, Roots, Safara Band, Komunitas Pemusik Jalanan (KPJ). Selain itu juga ada artis ibukota, Ucok Baba dan Inces serta Plastic Flower band. Serta penampilan kesenian dari Sanggar Seni kota Bukittinggi.

“Sedangkan Andra and the Backbone, kita tampilkan pada Grand Opening, Sabtu (03/11) malam yang diiringi dengan pesta kembang api. Sebelumnya, kita juga adakan pagelaran budaya multi etnis selama tiga hari, 30 Oktober hingga 1 November 2018 di Lapangan Wirabraja Bukittinggi. Kegiatan ini diikuti oleh delapan etnis kelompok masyarakat yang ada di Bukittinggi,” tambahnya.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, saat melepas Grand Start TdS 2010 etape I, Minggu (04/11) menyampaikan, pemerintah kota Bukittinggi sangat mendukung penuh kegiatan Tour dr Singkarak ini. Bahkan, Bukittinggi juga telah menyatakan kesediaannya untuk menjadi kota penyelenggara setiap tahunnya.

“Kita bangga memiliki event Tour de Singkarak. Event ini tentunya menjadi salah satu ajang promosi bagi pariwisata Sumatera Barat, khususnya Bukittinggi yang memang dikenal sebagai kota wisata. Kami pemerintah kota Bukittinggi, siap menjadi tuan rumah event TdS di tahun tahun selanjutnya. Dan juga siap menjadi tuan runah untuk event apapun asalkan berdampak kepada peningkatan ekonomi masyarakat,” ungkap Ramlan.

Walikota jug mengungkapkan kebanggan dan terima kasihnya kepada masyarakat Bukittinggi yang antusias menyaksikan Grand Opening dan Grand Start Tour de Singkarak 2018. Event ini tentunya sangat berdampak pada meningkatknya kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat, khususnya Bukittinggi dan juga berpengaruh pada perekonomian masyarakat.

“Terima kasih kepada pemerintah pusat dan provinsi yang mempercayakan grand opening dan grand start TdS 2018 di Bukittinggi. Terima kasih kepada Forkopimda, SKPD dan masyarakat Bukittinggi yang telah mensukseskan event balap sepeda Internasional ini. Kita Bukittinggi kedepan juga dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan event besar lainnya sepsrti festival silat Internasional, peringatan Hari Ibu tingkat Nasional dan beberapa event lainnya. Ini tentu akan menambah kunjungan ke Bukittinggi dan tamu kita akan berbelanja ke pedagang dan UKM kita,” jelas Wako.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, mengapresiasi pemerintah dan masyarakat kota Bukittinggi yang dinilai sukses melaksanaan Grand Opening dan Grand Start Tour de Singkarak 2018. “Luar biasa Bukittinggi. Kami memang optimis dari awal, Bukittinggi akan sukses melaksanakan kegiatan Grand Opening dan Grand Start Tour de Singkarak 2018. Tidak ada kegiatan di Bukittinggi yang sepi dari masyarakat dan penonton. Ini yang menjadi andalan kota Bukittinggi. Selamat dan sukses selalu untuk Bukittinggi,” ungkap Nasrul Abit.

Pada etape I TdS 2018, pembalap melewati loop mengelilingi Bukittinggi sepanjang 10 km dengan rute, Lapangan Kantin, Panorama, Simpang Tembok, Pasar Banto, Simpang Mandiangin, Simpang Tarok, Tangah Jua, Simpang Kapela dan kembali ke Lapangan Kantin. Rute itu dilalui oleh pembalam sebanyak dua kali putaran dan langsung menuju kabupaten Sijunjung dengan jarak 140,6 km.

Pada malam sebelumnya, kemeriahan juga menyelimuti Bukittinggi tepatnya di Lapangan Wurabraja. Pasalnya Grand Opening TdS 2018, berjalan sukses dan lancar. Masyarakat juga dihibur dengan penampilan Andra and the Backbone serta pesta kwmbang api tanda Tour de Singkarak 2018 dimulai.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top