Kaba Agam

KNPI Agam Ajak Pemuda Sukseskan Gerakan Nagari Madani

Lubukbasung, KABA12.com — Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 memiliki makna penting dalam pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia.

Menurut Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Agam Rizki Abdillah Fadhal, sebagai pelopor pemuda harus ikut mensuskseskan program pemerintah. Dimana salah satu program pemerintah yang dimaksud, mewujudkan visi Agam Madani.

“Pada prinsipnya pemuda merupakasan salah satu pelopor mensukseskan program pemerintah. Kita sama mengetahui pemerintah daerah sedang fokus mensukseskan Agam Madani yang sudah diturunkan dalam Gerakan Nagari Madani, ini perlu peran pemuda untuk mensukseskan itu,” ungkapnya pada KABA12.com usai upacara bendera HSP ke-90 di Lubukbasung, Senin, (29/10).

Lebih lanjut Rizki anggota fraksi PKS DPRD Agam itu menyebutkan, untuk mensukseskan hal tersebut kontribusi nyata dari pemuda di masing-masing nagari sangat perlukan.

“Tidak mungkin program ini akan sukses tanpa kontribusi setiap pemuda di nagari. Untuk itu sebagai pemuda Agam, mari kita sama-sama mendukung dan menjadi pelopor dalam mewujudkan Agam Madani,” ajak Ketua KNPI Agam itu.

Sebelumnya, Bupati Agam Indra Catri saat membacakan pidato Menko RI dalam sambutannya menyampaikan, pada peringatan hari sumpah pemuda terdapat tiga karakter dan kapasitas yang perlu dikapitalisasi setiap generasi muda untuk memenangi “pertarungan” masa depan sekaligus dalam mewujudkan mimpi Indonesia.

Pertama, diperlukan generasi muda yang memiliki kualitas integritas yang tinggi, Kedua, kapasitas keahlian dan intelektual yang cukup mumpuni, Ketiga, karakter kepemimpinan yang peduli dan profesional.

Gagasan ini untuk mengimplementasikan komitmen ini berpedoman pada nilai-nilai nasionalisme dan kebangsaan melalui sebuah manifestasi sikap pemuda Indonesia untuk mengisi serta menjawab berbagai peluang dan tantangan bangsa Indonesia saat ini dan yang akan datang.

Pada perspektif yang sama, undang-undang juga menggaris bawahi peran pemerintah, masyarakat dalam pelayanan kepemudaan untuk menciptakan pemuda yang maju, berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing.

(Virgo/*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top