Hukum dan Kriminal

4 WNA Asal Jepang Diamankan Imigrasi Agam dan Akan Dideportasi

Bukittinggi, KABA12.com — Empat orang WNA asal Jepang masing-masing Hitoshi Kameda (63), Yuji Samaru (73), Masahiro Chiba (58) dan Masahiro hayashi (39) diamankan kantor imigrasi Agam, Selasa (23/10) sekktar pukul 16.00 WIB di kecamatan Lubuk Basuang, Kab. Agam. Keempatnya, diamankan karena tidak melapor ke imigrasi klas II Agam.

Kepala kantor Imigrasi kelas II Agam, Ezardy Syamsoe, didampingi Fajar Adiguna, Kepala Subsesi Pengamanan, Kamis (25/10) menjelaskan, keempat WNA itu diamankan karena tidak melapor ke pihak imigrasi Agam tentanf urusan bisnis yang mereka laksanakan. Keempat WNA itu, Hitoshi Kameda (63), Yuji Samaru (73), Masahiro Chiba (58) dan Masahiro Hayashi (39).

“Keempat WNA itu telah berulang kali masuk ke Indonesia sejak tahun 2015 dan melakukan bisnis di Lubuk Basung pada tahun 2017. Dimana sebelumnya juga telah disampaikan untuk melapor kepihak keimigrasi, namun saat diamankan yang bersangkutan sudah tidak ada. Mereka tidak menyalahi izin tinggal namun saja dalam urusan bisnis yang dilakukan tidak melapor dan mereka dikenakan pasal pasal 75 UU no 6 tahun 2011 tentang keimigrasian dan segera dideportasi,” terangnya.

Lebih lanjut, Ezardy Syamsoe, menyampaikan, keempat WNA asal Jepang itu melakukan bisnis air minum siap saji dengan PT. Raito Afco Water. “Mereka sudah melakukan MOU dengan pemerintah dan melakukan penanaman modal diperusahan tersebut. Namun belum dilakukan penandatanganan oleh pemda karena mereka masih penjajakan,” jelasnya.

Ia menambahkan keempat WNA asal Jepang itu datang ke Indonesia dengan menggunakan visa On Arrival, dan telah berulang kali datang ke Indonesia dalam urusan bisnis. Selanjutnya keempat WNA asal Jepang itu akan dideportasi ke negeri asalnya pada Jumat 26 Oktober besok pukul 11.00 WIB dengan didampingi pihak Imigrasi Agam hingga Bandara Soekarno-Hatta.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top