Agam

Aksi Perangi Sampah Intensif di Malalak

Malalak, KABA12.com — Aksi memerangi sampah khususnya sampah plastik dan pembuangan sampah sembarangan di wilayah kecamatan Malalak, terutama di sepanjang ruas jalan utama jalur Sicincin- Malalak–Balingka makin gencar dilakukan.

Upaya pembersihan ruas jalan yang kerap dijadikan tempat pembuangan sampah oleh masyarakat yang tidak bertanggungjawab itu, kerap menyebabkan saluran irigasi di sepanjang ruas jalan itu tersumbat sehingga memicu banjir yang memenuhi badan jalan, apalagi saat musim penghujan saat ini.

Program pembersihan saluran drainase sepanjang tepi jalan itu, digelar rutin di wilayah Malalak dipimpin Camat Ricky Eka Putra, termasuk Sabtu-Minggu ini (15-16/09).

Menurut Ricky Eka Putra, upaya jalur drainase sepanjang ruas jalan utama di Malalak itu, sebagai salah satu langkah antisipasi yang rutin dilakukan, terutama terhadap dampak longsor dan kerusakan jalan akibat saluran drainase yang dipenuhi sampah kerap membuat badan jalan banjir oleh air saat hujan turun.

Untuk mengantisipasi aksi tak bertanggungjawab warga yang membuang sampah sembarangan itu, pihaknya sudah memberi pagar pembatas di beberapa titik agar tidak bisa dijadikan tempat pembuangan sampah, termasuk papan himbauan agar warga tidak membuang sampah.

“ Kita berharap, ada kesadaran yang terbangun, sehingga bahaya banjir dan longsor akibat timbunan sampah itu, bisa diantisipasi sejak dini, “ sebut Ricky Eka Putra.

Upaya memerangi pembuangan sampah sembarangan beberapa waktu belakangan kian gencar dilakukan di Malalak, bahkan camat Malalak itu sudah menjalin kerjasama dengan DLH Agam untuk membantu armada pengangkut sampah termasuk berbagai langkah lain.

-HARMEN-

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top