Agam

Pemkab Agam Salurkan 26.600 Bibit Perkebunan di Salingka Danau Maninjau

Lubukbasung, KABA12.com — Pemerintah Kabupaten Agam terus dorong peningkatan perekonomian masyarakat, terutama bagi warga di salingka Danau Maninjau yang selama ini bertumpu pada penghasilan di perairan dengan aktifitas budidaya ikan menggunakan Keramba Jaring Apung (KJA).

Sejak kondisi air di danau vulkanik itu tidak lagi stabil, warga di sekitar danau mulai mengeluh akan penghasilan mereka yang mulai merosot.

Dengan program #Save Maninjau yang digerakkan pemerintah, seluruh OPD diarahakan kegiatannya untuk mendukung prgram tersebut. Termasuk Bidang Perkebunan Dinas Pertanian yang pada tahun ini menyuplai sekitar 26.600 bibit siap salur.

Kabid Perkebunan Distan Agam Gusma Zendra mengatakan, puluhan ribu batang bibit perkebunan tersebut dengan rincian 5.300 batang bibit pala, 12.300 batang bibit kayu manis, 6.000 batang bibit cengkeh dan 3.000 batang bibit kemiri.

“Karena ini program bersama jadi semuanya harus memonitoring. Bibit tersebut akan kita salurkan pada kecamatan yang titik baginya kepada nagari. Nanti nagari lah yang akan membagikan kepada pelaku KJA dan masyarakat lainnya yang menginginkan,” katanya.

Ia menyebutkan sasaran utama pemberian bibit tersebut adalah pelaku KJA yang memiliki lahan, karena untuk transformasi perekonomian mereka dari yang biasa di perairan beralih ke darat.

“Memang keempat komoditas ini membutuhkan waktu yang cukup lama 6-7 tahun. Namun hal itu lebih baik dilakukan sejak saat ini sehingga hasilnya dapat dinikmati dikemudian hari,” sebutnya.

Gusma Zendra menambahkan tidak hanya pemberian bantuan bibit siap salur, pihaknya juga memberikan pendampingan melalui penyuluh pertanian lapangan. Serta melakukan peningkatan jalan produksi perkebunan sebanyak 6 paket.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top