Hukum dan Kriminal

Oknum Satpam BSM Jadi TSK Pencurian Rp 3,5 M

Bukittinggi, KABA12.com — Satu tersangka kasus pencurian uang di mobil BSM Bukittinggi sebesar Rp 3,5 milyar, merupakan oknum satpam di bank tersebut. TSK dengan inisial “JLS” merupakan oknum satpam yang berperan sebagai pemberi informasi pada TSK lainnya.

Kapolres Bukittinggi, AKBP. Arly Jembar Jumhana, menjelaskan, JLS merupakan oknum satpam itu dan juga adik tersangka RS yang ditangkap oleh Polres Tapanuli Selatan karena kasus narkoba. RS diringkus karena diduga menjadi pecandu dan pengedar sabu di wilayah hukum Tapanuli Selatan.

“Dari pengembangan kasus RS itu, ia mengaku juga telah melakukan pencurian uang di mobil BSM sebanyak Rp 3,5 M. Aksi itu memang telah direncanakan oleh 10 tersangka itu dan pernah melakukan percobaan pencurian ini sebanyak tiga kali, tapi gagal. Namun pada aksi keempat, enam tersangka yang sudah ditangkap ini, berhasil melakukan pencurian, atas informasi dari JLS, yang merupakan oknum satpam di BSM,” jelasnya.

Baca Juga : Polres Bukittinggi Ringkus 6 dari 10 TSK Pencurian Rp 3,5 M Uang BSM

Kapolres melanjutkan, JLS memberikan informasi kepada rekannya dan ikut bersama dua pegawai BSM lainnya dalam mobil yang membawa uang Rp 3,5 M itu. Saat tiba di kawasan Padang Tarok, sebelum PLTA, mobil BSM diserempet dua mobil tersangka lain di bagian depan dan di belakang.

Kemudian lima tersangka melakukan aksi pencurian sedangkan JLS berpura-pura sebagai salah satu korban dalam kejadian itu.

Setelah aksi pencurian selesai dilakukan, para tersangka langaung menyebar dan uang hasil pencurian itu, dibagi kepada 10 tersangka dengan jumlah yang berbeda.

“Dari pengakuan tersangka JLS, aksi itu mereka lakukan, karena ada motif ketidakpuasan terhadap BSM yang kurang memperhatikan kesejahteraan pegawainya. Sehiingga timbul niat tersebut dan bekerjasama dengan tersangka lain,” jelas Kapolres.

Saat ini uang tersebut, sudah dibelikan sejumlah barang dan beberapa diantaranya digunakan untuk membeli lahan sawit.

Semua barang bukti yang ada pada enam tersangka ini, sudah diamankan di Mapolres Bukittinggi, termasuk tiga unit mobil dengan jenis yang berbeda.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top