Kaba Terkini

Kasus PT.BSS, Pemkab Agam Harus Bertanggungjawab

Lubukbasung, kaba12.com — Kasus bobolnya kolam limbah PT.Bumi Sawit Semesta (BSS) di Pasar Durian, Manggopoh, Lubukbasung, Senin lalu, memicu beragam kontroversi. Pemerintah, khususnya Pemkab Agam mesti ikut bertanggungjawab terhadap kasus tersebut, karena kasus jebolnya kolam limbah itu justru masih dalam waktu relative singkat usai perusahaan pengolahan kelapa sawit itu beroperasi.

Apalagi, yang jebol justru dam pengaman kolam IPAL yang konstruksinya dipertanyakan, pasalnya, pembangunan kolam IPAL mestinya sudah lolos uji teknis dan kajian konstruksi yang layak sebelum IMB kolam IPAL disetujui Pemkab Agam.

Hal itu disebutkan Ir.Suardi M, ketua LSM LKMP dalam diskusinya dengan kaba12.com terkait dengan laporannya pada pihak kepolisian menyusul kasus jebolnya kolam IPAL PT.BSS di Pasar Durian, Manggopoh tersebut.

Walau dalam laporannya pada Polres Agam dan Polda Sumbar, kasus jebolnya penahan kolam IPAL PT.BSS itu tidak dimasukan dalam item laporan, namun pihaknya berharap, tim penyidik dari kepolisian bisa menjabarkan hal itu sebagai sebuah kelemahan yang harus dipertanggungjawabkan secara hukum.

“ Hal itu mestinya menjadi bahan kajian, karena konstruksi kolam IPAL justru lulus uji tekhnis dan IMB nya bisa dikeluarkan pemerintah, sebelum izin operasional perusahaan dikeluarkan pemerintah, ini jadi tandatanya bagi kami, “ sebutnya.

Ketua LSM LKPM Agam itu, justru berharap kasus bobolnya kolam limbah (IPAL) PT.BSS tersebut bisa dibuka dan diusut tuntas secara transparan, sehingga masyarakat dan korban dampak pencemaran limbah tersebut bisa mengetahui akar persoalan dan kasus itu bisa dipertanggungjawabkan sesuai aturan hukum yang berlaku.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Agam,Hamdi, ST,M,Eng, sebelumnya kepada kaba12.com, pihaknya sudah menindaklanjuti kasus bobolnya kolam limbah tersebut, dan sudah melakukan serangkaian langkah penanganan di lapangan.

Bahkan bersama masyarakat, sudah dilakukan beberapa kali pertemuan untuk mencari solusi terkait kasus tersebut. Sementara, dampak kasus tersebut, operasional PT.BSS dihentikan sampai kolam pengolah limbah (IPAL) bisa beroperasi normal.

(Harmen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top