Kaba DPRD Bukittinggi

RPJPD 2006-2025 Bukittinggi Menuju Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Bukittinggi, KABA12.com — Pemerintah kota Bukittinggi, gelar musyawarah rencana pembangunan perubahan rencana pembangunan (musrenbang) jangka panjang daerah (RPJPD) tahun 2006 -2025, di Istana Bung Hatta, Kamis (09/08).

Musrenbang dibuka Walikota, dihadiri Wakil Ketua DPRD Bukittinggi Yontrimansyah, Sekda dan kepala OPD, camat, Lurah di lingkungan pemerintah kota Bukittinggi.

Kepala Bapelitbang Bukittinggi, Baharyadi, menjelaskan, perubahan RPJPD kota Bukittinggi 2006-2025, dilakukan dan disusun sesuai dengan kondisi kota Bukittinggi saat ini. Penyesuaian itu didasarkan kepada kebutuhan Bukittinggi untuk masa yang akan datang.

“Perubahan RPJPD 2006-2025 ini nantinya tentu tidak akan merubah visi misi pemerintah kota. Namun yang berubah hanya sejumlah poin persandingan dan beberapa landasan peraturan perundang-undangannya. Untuk itu, dengan musrenbang ini, diharapkan adanya masukan, arahan, termasuk kritikan dari peserta nantinya,” ungkap Baharyadi.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, menjelaskan, pembangunan Bukittinggi kedepan, harus berdasarkan pada pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Untuk itu, butuh tahapan penyusunan perubahan, yang salah satunya dengan musrenbang yang dilaksanakan pada hari ini.

“Ada beberapa poin perubahan yang akan dilakukan demi pembangunan yang lebih baik kedepan. Terutama pada persandingan isu strategis, arah kebijakan dan sasaran pokok,” ujarnya.

Sebelum perubahan, lanjut Walikota, belum ada isu strategis yang tertampung dalam RPJPD. Namun dalam perubahan, diusulkan beberapa poin dalam isu strategis, diantaranya, oenerapan ABS-SBK dan pemberdayaan masyarakat, reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan, peningkatan infrastruktur, lingkungan hidup, peningkatan mutu pelayanan pendidikan dan kesehatan, pembangunan kependudukan, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta penanggulangan kemiskinan.

Untuk persandingan arah kebijakan, diefektifkan menjadi lima poin. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia, menyelenggarakan pemerintahan yang baik dan besih, meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pertunbuhan ekonomi dan pemerataan pendapatan. Mempercepat pembangunan infrastruktur perkotaan modern. Meningkatkan kualitas lingkungan hidup, mitigasi bencana.

Sementara, untuk persandingan sasaran pokok yang sebelumnya juga tidak tersedia, dalam perubahan dtetapkan menjadi enam poin.

Meningkatnya kualitas SDM, terwujudnya permerintahan yang baik dan bersih, meningkatkan pemerataan ekonomi, meningkatnya pertumbuhan ekonomi, penyediaan infrastruktur perkotaan modern dan meningkatnya kualitas lingkungan hidup dan kesiapsiagaan bencana.

“Poin-poin itu yang dimusyawarahkan bersama sebelum nantinya dihantarkan kepada DPRD. Karena nantinya pemerintah kota butuh dukungan DPRD sebagai lembaga legislasi, untuk bersama-sama dengan pemko, dalam penyusunan ranperda dan rancangan akhir perubahan RPJPD. Sehingga tercapai kesepakatan bersama dan ditetapkan dalam peraturan daerah nantinya,” jelas Wako.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top