BPBD Kab. Agam

KSB Nagari Salareh Aia Pelatihan Ikuti Manajemen Posko Bencana

Palembayan, KABA12.com — Kelompok Siaga Bencana (KSB) Nagari Salarehaia Kecamatan Palembayan mendapat pelatihan penanggulangan bencana BPBD Agam.

Pelatihan dengan topik manajemen posko kebencanaan, digelar selama dua hari mulai Kamis-Jumat (9-10/08) di aula kantor nagari diikuti 30 orang peserta termasuk walijorong dan perangkat nagari.

Kalaksa BPBD Agam M. Lutfie, AR, mengatakan pelatihan manajemen posko sekaligus sosialisasi bencana ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan sejak dini terhadap pengurus dan warga masyarakat tentang pendirian tenda posko dengan tugas pokok koordinator posko saat bencana.

“Selain manajemen posko kepada anggota KSB dan warga masyarakat juga diberikan materi konsep relawan kebencanaan,” sebutnya.

Sekretaris Walinagari Salarehaia Mustakim menyambut baik tim BPBD Agam yang memberikan informasi sekaligus praktek pemasangan tenda beserta manajemennya.

Bila terjadi bencana diharapkan anggota KSB lebih awal melaksanakan penanganan di lokasi kejadian, memberikan informasi yang lengkap tentang situasi dan kondisi kebencanaan saat bencana dan tanggap darurat.

“Pembentukan KSB Nagari Salareh Aia merupakan program nagari yang perlu dibentuk organisasinya. Kesiapsiagaan ini perlu ada pada diri sendiri, untuk keluarga maupun untuk masyarakat ” ungkapnya.

Ia berharap, peserta pelatihan dapat mengikuti sosialisasi dengan baik, “mari kita bahu membahu dalam pelaksanaan operasional lapangan saat terjadi bencana, tingkatkan kerjasama dalam penanggulangan bencana, tugas sosial ini adalah tugas mulia yang harus dirasakan oleh pengurus dan anggota,” harapnya.

ateri yang diberikan kepada anggota KSB nagari tersebut diantyaranya mengenai pelatihan manajemen bencana dan relawan bencana, syarat-syarat menjadi relawan bencana. Kemudian pada hari kedua, peserta pelatihan akan melakukan praktek lapangan penanganan bencana serta praktek pemasangan dan pembongkaran tenda.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top