Kaba Pemko Bukittinggi

Anggota KPN Dinas Pendidikan Ikuti Diklat

Bukittinggi, KABA12.com — Untuk meningkatkan pengetahuan anggota dibidang perkoperasian, Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Dinas Pendidikan Kota Bukittinggi melaksanakan pendidikan dan latihan dilaksanakan selama 1 hari.

Diklat itu, dilaksanakan di Aula KPN Dinas Pendidikan, dibuka langsung Walikota Bukittinggi, Rabu (08/08).

Azrif Gusman, Ketua KPN Dinas Pendidikan, menyampaikan, pendidikan dan pelatihan kepada anggota ini merupakan aturan dari perundang – undangan dibidang koperasi yang mengisyaratkan peningkatan kualitas SDM anggota harus dilaksanakan oleh koperasi sendiri. Pendidikan dan pelatihan untuk anggota ini dilalukan untuk meningkatkan pemahaman anggota tentang perkoperasian, meningkatkan kedisiplinan dan rasa memiliki yang tinggi dari anggota terhadap koperasinya.

“Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan secara rutin setiap tahun dan merupakan implementasi dari aturan perundang – undangan perkoperasian. Peningkatan kualitas SDM anggota dilakukan oleh koperasi sendiri dan untuk mendukung pelaksanaannya koperasi wajib mengalokasikan sebagian SHU nya untuk dana pendidikan,” ujarnya.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, mengapresiasi pendidikan dan pelatihan yang diberikan kepada anggota koperasi ini. Kegiatan ini cukup penting karena dengan pelatihan tentu akan ada kemajuan.

“Ada 92 koperasi di Bukittinggi, terdiri dari berbagai jenis dengan jumlah anggota sebanyak 15.482 orang. Namun tentu tidak semua manjemennya baik, salah satu yang baik adalah koperasi KPN ini dan telah megharumkan nama Sumatera Barat dan Bukittinggi di tingkat Nasional. Kunci keberhasilan koperasi itu adalah manajemen. Koperasi ini berhasil tergantung anggotanya, koperasi hancur juga bisa karena aggotanya, jadi diperlukan sebuah komitmen,” tegas Ramlan.

Pada kesempatan itu, Walikota juga menekankan agar koperasi tidak memberikan pinjaman kepada anggota yang digunakan untuk konsumtif dan membayar hutang. Selain itu, juga diharapkan adanya kerjasama dengan BPR Jam Gadang, sebaga salah satu BUMD di kota Bukittinggi
Pelatihan yang dilaksanakan satu hari ini diikuti oleh 50 orang anggota dengan narasumber Hadi Suryadi Ketua PKPRI Sumatera Barat dengan materi tentang kelembagaan dan Nasfizar Guspendri dari KPN IAIN Batusangkar dengan materi Koperasi Berpola Syariah.

Dalam kegiatan yang diihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Melfi Abra, serta Kepala Dinas Koperasi perdagangan dan UKM Muhammad Idris itu, Walikota mengucapkan selamat kepada pengurus, pengawas dan anggota serta karyawan atas prestasi KPN Dinas Pendidikan sebagai Koperasi Berprestasi Peringkat I Tingkat Sumbar dan Koperasi Berprestasi Tingkat Nasional.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top