Agam

Pemkab. Agam Targetkan Seluruh Koperasi Berbasis Syariah

Lubukbasung, KABA12.com — Pemkab. Agam melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM, targetkan seluruh koperasi di kabupaten Agam menjadi koperasi berbasis syariah.

Kepala Disperindagkop UKM Agam Aryati mengatakan, saat ini di Agam ada sekitar 207 koperasi yang aktif, dari jumlah itu, sudah ada beberapa yang menjadi koperasi syariah.

“Kita telah melakukan pelatihan kepada pengurus koperasi yang membahas tentang cara menjalankan koperasi berbasis syariah beberapa waktu lalu,” katanya pada KABA12.com, Sabtu (28/07).

Untuk terus menggiatkan pelatihan tersebut, pada peringatan HUT Koperasi ke-71 bulan ini pihaknya juga telah mendatang langsung pemateri dari Kementerian Koperasi dan UKM RI, serta juga mendatangkan praktisi koperasi nasional.

“Kita latih 25 anggota dari perwakilan koperasi konvensional dan kita beri pengarahan untuk menerapkan koperasi berbasis syariah sesuai dengan syariat Islam dan juga mendukung Agam Madani,” sebut Aryati.

Menurutnya, untuk menjadikan koperasi konvensional ke koperasi syariah perlu dilakukan secara perlahan-lahan. Karena setelah pengurus koperasi dilatih, selanjutnya pengurus akan mensosialisasikan tentang koperasi syariah kepada para anggota koperasi. Tentang denda dan penetapan bunga pinjaman dari anggota yang akan menjadi riba.

“Intinya kita berikan pemahaman, agar menjadi koperasi syariah dari koperasi konvensional,” ujarnya.

Sesuai arahan Bupati, orientasi koperasi kedapan bukan lagi kuantitas tetapi kualitas koperasi, mengingat Bapak Koperasi Indonesia Bung Hatta, berasal dari Agam.

(Virgo/*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top