Pariwara Pemko Bukittinggi

Komitmen Kuat, Bukittinggi Pertahankan Prediket Kota Layak Anak

Bukittinggi, KABA12.com — Kerja keras dan kerjasama pemerintah dengan masyarakat kota Bukittinggi kembali menuai hasil. Kali ini, komitmen dan kepedulian pemerintah kota Bukittinggi dibawah kepemimpinn Walikota Ramlan Nurmatias dan Wakil Walikota Irwandi dalam memenuhi hak – hak anak serta perlindungan terhadap anak, kembali diapresiasi oleh pemerintah pusat.

Hal ini ditandai dengan dianugerahkannya kembali kota Bukittinggi sebagai Kota Layak Anak (KLA) pada Tahun 2018 ini melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP-PA) Republik Indonesia.

Penghargaan sebagai Kota Layak Anak yang dapat dipertahankan oleh Kota Bukittinggi tersebut diserahkan langsung Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise.

Penghargaan itu, diterima Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, pada acara puncak peringatan Hari Anak Nasional di Dyandra Convention Center Surabaya, Senin (23/07) malam.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise mengatakan, melalui program ini, kementerian PP-PA berupaya keras mendorong perlindungan hak anak dan perlindungan keluarga untuk mewujudkan Indonesia Layak Anak (IDOLA) pada tahun 2030.

“Upaya pemenuhan hak anak memerlukan komitmen yang kuat, tidak hanya ibu dan ayah, akan tetapi orang dewasa yang ada dalam keluarga.
Anak – anak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal, jika seluruh keluarga memahami dan mendukung pemenuhan hak anak dalam keluarga masing – masing, jadikan hak anak sebagai prioritas utama untuk mendukung tumbuh kembangnya,” ungkap Yohana.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Bukittinggi, pihak eksekutif dan legislatif serta seluruh elemen yang telah mendukung sehingga prestasi tersebut dapat diraih dan dipertahankan kembali.

Ramlan mengatakan, penghargaan yang diterima merupakan bukti kerja keras semua pihak terkait dalam mendukung program kota Bukittinggi sebagai Kota Layak Anak.

“Kita bersyukur atas penghargaan ini, kita jadikan penghargaan ini sebagai pemicu untuk menjadi lebih baik lagi dalam memenuhi hak dan perlindungan anak di Kota Bukittinggi. Keberhasilan ini merupakan kerja keras semua pihak. Kita tentunya akan tetap berkomitmen terhadap pembangunan manusia tidak terkecuali kepada anak – anak, karena ditangan anak – anak inilah masa depan Bukittinggi dan masa depan bangsa dan negara. Untuk itu perlu senantiasa memberikan perhatian terhadap tumbuh kembang anak di kota ini,” ujar Ramlan.

Lebih lanjut, walikota menyampaikan, dalam menjalankan setiap programnya, pemerintah kota tidak bisa berjalan sendiri tanpa dukungan masyarakat.

Untuk itu diperlukan kepedulian dari warga dalam memerangi kejahatan dan kekerasan terhadap anak.

“Memang kasus kekerasan terhadap anak, banyak terjadi di Indonesia. Namun di Bukittinggi dapat kita antsipasi dengan berbagai program. Salah satunya sekolah keluarga yang dapat memberikan pencerahan kepada anggota keluarga tentang fungsi masing-masing. Sehingga dapat merubah mindset masyarakat. Ini tentu juga ikut membantu penilaian dari pusat,” ungkap Wako.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bukittinggi, Tati Yasmarni mengatakan, penilaian Kota Layak Anak ini, dimulai dari komitmen pemerintah dalam melaksanakan hak dasar anak.

Dari proses itu, Pemko Bukittinggi telah memulai sejak beberapa tahun terakhir, sehingga kerjasama antar SOPD terus berlanjut sehingga komitmen itu terus bertahan.

“Pengembangan Kota Layak Anak mengacu kepada 24 indikator pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang secara garis besar terdapat 5 klaster hak anak yang meliputi, hak sipil dan kebebasan lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif kesehatan dasar dan kesejahteraan pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya serta perlindungan khusus,” terangnya.

Tati juga mengatakan komitmen dan dukungan pemerintah daerah serta seluruh elemen masyarakat terhadap tumbuh kembang anak melalui program dan kegiatan yang dilkukan membuat pemerintah pusat mengapresiasinya dengan memberikan anugerah sebagai Kota Layak Anak.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top