Hukum dan Kriminal

Polres Bukittinggi Gagalkan Peredaran 0,5 Kg Sabu

Bukittinggi, KABA12.com — Polres Bukittinggi, melalui Satres Narkoba berhasil mengagalkan peredaran setengah kilogram narkotika jenis sabu. Keberhasilan ini ditunjukkan dengan ditangkapnya dua tersangka RH (50) dan LY (47), Kamis (19/07) malam.

Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana, melalui Waka Polres Bukittinggi Kompol Albert Zai didampingi oleh Kasat Resnarkoba AKP Pradipta Putra Pratama, menjelaskan, peredaran barang haram tersebut berhasil digagalkan berkat kerjasama masyarakat serta hasil penyelidikan jajaran Sat Resnarkoba Polres Bukittinggi.

“Narkotika jenis ganja seberat 0,5 kilogram itu berhasil disita dari tangan tersangka yang kita tangkap Kamis malam sekitar pukul 22.30 WIB di daerah Lambau, Kelurahan Pakan Kurai Kec. Guguak Panjang Kota Bukittinggi. Menurut pengakuan tersangka, sabu itu akan diedarkan di wilayah Bukittinggi,” ungkap Albert Zai.

Wakapolres melanjutkan, penangkapan ini termasuk kategori penangkapan terbesar karena sebelumnya belum pernah dilakukan penangkapan sabu sebanyak itu.

Sementara, Kasat Narkoba AKP Pradipta Putra Pratama, menjelaskan, penangkapan tersangka berawal dar laporan dari masyarakat bahwa akan ada transaksi dan peredaran narkoba di kawasan serempat. Dari laporan itu, pihak kepolisian langsung melakukan penyelidikan.

“Pertama, penangkapan dilakukan terhadap tersangka RH (50) dirumahnya di daerah lambau dan ditemukan sembilan paket besar narkotika jenis sabu yang terbungkus plastik bening di dalam tas di lantai ruang tamu,” ujarnya.

Kemudian penangkapan kedua dilakukan dirumah tersangka LY (47), masih di daerah Lambau dan ditemukan satu paket besar sabu di lantai dapur rumahnya. Saat penangkapan tersangka, LY sedang bersembunyi di rumah bagian belakang, namun petugas berhasil mwringkusnya. Bahkan ditwmukan lagi satu paket kecil sabu di lantai kamar bagian belakang.

“Semua barang bukti berupa sabu yang disita dari tersangka seberat 1/2 kilogram dan para tersangka dibawa ke Polres Bukittinggi untuk diproses lebih lanjut, ” tutupnya.

Tersangka kini tengah mendekam di sel mapolres Bukittinggi untuk menjalani proses lebih lanjut. Keduanya dikenakan hukuman sesuai UU no 35 tahun 2009.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top