Hukum dan Kriminal

Tim Reskrim Polres Agam Hentikan Aksi Penjahat Asal Palembang

Tiku, kaba12.com — Tim Opsnal Satreskrim Polres Agam sukses hentikan aksi J, (41) penjahat asal Palembang, Sumatera Selatan, Kamis, (19/7) di depan kantor BRI Tiku, kecamatan Tanjung Mutiara.

Aksi kejahatan yang sudah beberapa kali dilancarkan pelaku di wilayah hukum Polres Agam, berhasil dihentikan tim Satreskim dengan menghadiahi timah panas di kaki pelaku karena melakukan perlawanan dan mencoba kabur dari kejaran petugas yang sejak lama memburunya.

Penangkapan itu, menghentikan beberapa rencana perampokan yang akan dilakukan pelaku di wilayah Kabupaten Agam.

Penangkapan pelaku kejahatan itu, dibenarkan Kapolres Agam AKBP. Feri Suwandi, S, Ik, dan Kasat.Rekrim Polres Agam IPTU. M. Reza, dalam siaran Pers nya Kamis sore.

Dijelaskan, tim Opsnal Reskrim Polres Agam, Kamis, (19/7) sekitar pukul 11 WIB di depan BRI Tiku, berhasil meringkus J, (41), yang diduga otak pelaku pencurian dengan sistim pecah kaca mobil korbannya.

Baca Juga Berita Terkait : Kaca Mobil Dihantam. Laptop Raib

Dijelaskan, sebelumnya tim Opsnal Reskrim Polres Agam mendapat informasi tersangka pencurian dengan modus pecah kaca tersebut, sesuai LP 135/VIII/K/2016/Sumbar/Res Agam dengan kerugian Rp. 182 Juta itu, diinformasikan akan kembali beraksi di wilayah kabupaten Agam.

Mendapat informasi tersebut, tim Opsnal Reskrim Polres Agak mengembangkan informasi dan Kamis pagi, berhasil membuntuti pelaku yang sempat memasuki beberapa bank, antara lain BRI Simpang Tiga Lubuk Basung, Bank Nagari Lubuk Basung, BRI Simpang Gudang, terakhir BRI Tiku, Tanjung Mutiara.

Karena situasi tidak memungkinkan dan ada indikasi pelaku mencium kehadiran petugas, pelaku mencoba kabur dari intaian petugas.

Tim Satreskrim Polres Agam yang sudah mengincar pelaku, langsung bergerak dan menangkap pelaku di depan BRI Tanjung Mutiara. Melihat tim kepolisian yang mengincarnya, J melakukan perlawanan dan mencoba kabur dari kejaran polisi,” tim bertindak tegas untuk menghentikan aksi pelaku yang mencoba kabur, terhadap pelaku dilakukan tindakan tegas dan terukur dengan tembakan ke arah kaki, ” jelas Kapolres Agam.

Usai dilumpuhkan, petugas membawa pelaku ke rumah sakit dan saat ini menjalani pemeriksaan intensif di Mapolres Agam.

Hasil pemeriksaan awal, dijelaskan Kasat. Reskrim Polres Agam AKP. M. Reza, pelaku mengakui perbuatannya yang telah melakukan pencurian dengan seseorang berinisial HM, dengan pembagian untuk pelaku Rp. 60 Juta. Uang hasil kejahatan digunakan pelaku untuk membayar hutang dan dibelanjakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Sementara modus pelaku dalam menjalankan aksinya dengan mengintai korban dari bank saat mengambil uang,dan saat berada di lokasi kejadian, pelaku melempar kaca dengan busi motor sehingga kaca pecah lalu mengambil uang yang ada di dalam mobil.

Dijelaskan Kapolres Agam, pihak kepolisian setelah mengamankan pelaku di Mapolres Agam, menghubungi korban dan para saksi, serta mengamankan barang bukti diantaranya 1 unit sepeda motor jenis jupiter MX warna hitam merah.

Sukses tim Opsnal Satreskrim Polres Agam meringkus J tersebut, menghentikan rencana aksi pelaku yang diduga kembali akan melancarkan aksinya, dibuktikan dari pengintaian yang dilakukan petugas, pelaku sudah mengincar beberapa calon korbannya dengan keluar masuk beberapa bank di Lubukbasung dan Tanjung Mutiara.

Saat ini kasus tersebut masih dalam pengembangan pihk kepolisian, sementara pelaku J kini diamankan di tahanan Makopolres Agam.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top