Kaba Terkini

Tahun 2021 SMKN 2 Lubukbasung Jadi Sekolah Rujukan

Sungaijariang, KABA12.com. — Kepala SMKN 2 Lubukbasung Zulhatman targetkan tahun 2021 mendatang sekolah tersebut menjadi sekolah rujukan.

Hal itu diungkapkannya saat silaturrahim dan sharing informasi bersama masyarakat sekitar sekolah, Sabtu (14/07).

“Target kita 2021 SMKN 2 Lubukbasung sebagai sekolah rujukan. Sebagai panutan bagi SMK yang ada di Agam,” katanya.

Zulhatman menjelaskan, sekolah rujukan merupakan sekolah yang menjadi acuan bagi sekolah lainnya. Sekolah tersebut sudah dianggap ideal, baik dari segi proses belajar mengajarnya maupun sarana dan prasarananya.

Ada pun persyaratan menjadi sekolah rujukan, antara lain jumlah siswa lebih dari 1.000 orang, guru produktif mengajar lebih dari 75 orang, memiliki jaringan kerja sama industri lebih dari 100 industri, memiliki fasilitas sarana dasar yang baik, lulusan, dan sebagai pusat belajar. Sementara keuntungan menjadi sekolah rujukan, yakni mendapatkan dana yang besar dari pemerintah untuk pengembangan sekolah.

“Selangkah lagi kita akan sampai menjadi sekolah rujukan. Saat ini kita masih dalam tahap bimbingan, mengisi dokumen terakhir. Kita berharap dapat terpilih sebagai sekolah rujukan karena jika terpilih, anak-anak kita lulusan SMKN 2 bisa dikatakan memiliki kompetensi yang sangat baik, karena selain ijazah mereka nantinya akan mengantongi sertifikat kompetensi yang telah diakui,” ujarnya.

Ditambahkan, dari enam syarat menjadi sekolah rujukan itu, terdapat dua kendala yang saat ini tengah diupayakan penyelesaiannya.

Kelemahan mencapai target itu ada dua, standar peralatan belum mencapai standar rujukan, kemudian permasalahan alumni, sekolah belum mampu memberikan data yang valid tentang keberadaan dimana lulusan sekolah.

” Persyaratan lain mengenai guru, kita sudah miliki 14 orang guru sebagai assesor nasional, jumlah siswa kita sudah 1.165 orang, kita juga sudah mendirikan LSP P1 dan lahan sekolah kita juga tidak perlu diragukan lagi luasnya,” ujar Zulhatman.

Meski masih terdapat persoalan yang mesti harus diselesaikan dan dicukupi, namun pihaknya optimis bisa mewujudkan SMK Negeri 2 Lubukbasung sebagai sekolah rujukan di Agam.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top